Beranda SABIGAJU+ Pertimbangkan Lima Hal ini Sebelum Memelihara Hewan

Pertimbangkan Lima Hal ini Sebelum Memelihara Hewan

5 menit baca
0
0
12
ilustrasi pixabay

Sabigaju.com – Memelihara hewan merupakan suatu kesenangan atau hobi bagi sebagian orang. Namun dengan itu buka berarti kamu cuma akan punya kesenangan baru, tapi kamu juga akan punya tanggung jawab baru dalam hidup.

Dengan mempunyai hewan peliharaan kamu tidak sekedar hanya memberikan makan dan minum. Tetapi kamu juga harus komit dan konsisten terhadap kasih sayang dari waktu yang akan diberikan.

Penelitian kuantitatif dari Idaho State dilakukan oleh mahasiswi bernama Sophie, yang membawa salah satu anjing latihan untuk diajak main bersama.

Hasilnya, para mahasiswa dan mahasiswi di kampus itu dilaporkan mengalami penurunan kadar stress sebesar 60% dari perasaan kesepian dan kegelisahan mereka.

Selain itu ada penelitian Queen’s University, Belfast, Irlandia Utara. Riset ini mengatakan kalau kamu rajin berjalan dengan anjing peliharaan serta rajin merawatnya, maka akan berdampak pada peningkatan aktivitas fisik dan memfasilitasi kontak sosial. Dampak lainnya adalah akan memperkecil tekanan darah dan kolesterol.

Beda halnya dengan memelihara kucing.

Ternyata University of Minnesota telah mengadakan riset kuantitatif dengan sampel 4500 orang di usia 30-75 tahun. Mereka menemukan bahwa risiko menderita serangan jantung adalah 40% lebih tinggi dari mereka yang tidak pernah memelihara kucing.

 

Namun sebelum memelihara hewan, pertimbangkan lima hal berikut;

Hal yang Harus dipertimbangkan Sebelum Memelihara Hewan

ilustrasi pixabay

1. Pertanyaan tentang Komitmen

Mempunyai hewan peliharaan artinya kamu akan berkomitmen membagi waku pada hewan peliharaan tercinta. Apakah kamu akan bisa tepat waktu saat memberi makan, membawanya ke dokter untuk imunisasi, memberikan kasih sayang?

Kalau jawabannya tidak, maka lebih baik tidak memelihara, atau pilihlah hewan yang mudah diurus (low demand) seperti kura-kura atau ikan.

2. Penyesuaian Karakter Binatang terhadap Lifestyle.

Ini adalah pertimbangan yang menurut kami penting untuk dilakukan. Contoh, banyak pecinta anjing yang suka dengan chihuahua karena bentuk yang kecil dan imut meskipun kadang mereka galak dan suka menggigit.

Tapi karena jika di rumah kamu ada sang buah hati, apakah kamu benar-benar ingin mempunyai anjing chihuahua yang rajin menyalak dan berisiko menggigit ?

3. Lingkungan yang Bersahabat (A Pet Friendly Environment)

Ini adalah pertimbangan selanjutnya. Pastikan kamu sudah sanggup menyediakan kondisi rumah yang “pet home friendly“. Selain itu kamu harus melakukan penilaian uji layak a friendly environment menurut definisi kamu.

Lingkungan yang bersahabat artinya kamu harus menilai apakah letak rumah kamu di pinggir jalan? apakah tetangga kamu juga mempunyai binatang peliharaan? apakah di dekat tempat tinggal kamu ada taman? Apakah di tempat kamu ada kriminalitas terhadap binatang, dan lain-lain.

4. Aspek Finansial 

Ini juga merupakan elemen penting untuk kamu pertimbangkan. Merujuk pada kondisi sebagaimana disebutkan pada nomor 1 di atas dimana dalam  hal komitmen untuk mengurus seperti dokter, imunisasi, makanan yang layak, grooming dan kebutuhan lain lain adalah suatu hal yang perlu mempunyai persiapan.

Apakah kamu sudah mempunyai  keseimbangan finansial  agar binatang peliharaan kamu bisa terawat dengan baik ?

5. Tempat untuk Menitip

Apabila suatu saat kamu harus ada acara mendadak karena pekerjaan atau acara yang tidak bisa ditinggalkan, apakah kamu sudah mempunyai kandidat untuk meninggalkan hewan peliharaan kamu di tempat yang dipercaya?

Seandainya sudah ada, apakah di tempat tersebut bisa dipercaya untuk menerima amanat mengurus binatang peliharaan kamu ?

Tentu pertimbangan-pertimbangan yang di atas merupakan pertanyaan-pertanyaan yang harus kamu jawab terlebih dahulu sebelum pada akhirnya menentukan untuk memelihara hewan atau tidak. (Sbg/Ary)

 

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak aryoi
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIGAJU+
Komentar ditutup

Lihat juga

Pasangan Zodiak Paling Serasi (Part IV)

Sabigaju.com – Bagi kamu yang sudah mengikuti Pasangan Zodiak Paling Serasi Part I, …