Sabigaju.com – Sejumlah peristiwa di Tanah air menjadi atensi publik dan netizen di berbagai lini media sosial pada minggu pertama di tahun 2020.

Mulai dari banjir besar yang melanda Jakarta diawal tahun 2020 hingga bebasnya Ahmad Dhani setelah menjalani hukuman penjara selama 6 Bulan

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di minggu pertama tahun 2020.

1. Isu Natuna Memanas

Di minggu pertama 2020, publik dan netizen ramai membahas soal sengketa antara China dan Indonesia terkait perairan Laut Natuna terus berlanjut.

China tetap merasa berhak atas wilayah Laut Natuna di Kepulauan Riau. Namun, Indonesia tak terima atas klaim ini dan akan mengambil langkah tegas.

Minggu Pertama 2020
(Foto: Instagram)

Pihak kemenlu Indonesia telah merilis keterangan untuk menanggapi klaim China atas bagian teritorial Indonesia. Ini adalah rentetan debat usai masuknya kapal nelayan dan kapal aparat (coast guard) China ke Laut Natuna. Klaim China atas bagian Perairan Natuna dinyatakan Indonesia sebagai klaim sepihak (unilateral) belaka.()

Indonesia berpijak pada Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut atau United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS). Pada 2016, pengadilan internasional tentang Laut China Selatan menyatakan klaim 9 Garis Putus-putus sebagai batas teritorial laut Negeri Tirai Bambu itu tidak mempunyai dasar historis.

BACA JUGA: Tips Jitu Biar Sukses Menghentikan Kebiasaan Merokok

2. Harga Rokok Naik

Sorotan publik dan netizen di minggu pertama Tahun 2020 tertuju pada keputusan Pemerintah resmi memberlakukan kenaikan tarif cukai rokok pada Rabu (1/1) lalu.

Kenaikan cukai rokok tersebut merupakan pelaksanaan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 152 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.

(Foto: Pixabay)

Pemberlakuan aturan tersebut telah membuat harga rokok di tingkat konsumen naik.

Sabigaju mencoba untuk melihat dampak penerapan aturan tersebut pada kenaikan harga rokok di warung kaki lima dan minimarket pada Kamis, (2/1) atau sehari setelah aturan tersebut dilaksanakan.

Hasilnya, rokok naik sekitar Rp2.000- Rp3.000 per bungkus di tingkat pedagang kaki lima.

BACA JUGA: Banjir di Jakarta Jadi Sorotan Dunia Internasional

3. Banjir Besar Melanda Jakarta

Perbicangan paling heboh yang dilakukan publik dan netizen pada minggu pertama tahun 2020 adalah seputar banjir besar yang melanda Kota Jakarta pada Rabu (1/1) lalu.

Banjir terjadi di ratusan titik di wilayah Jabodetabek terjadi lantaran hujan deras yang terjadi sejak Selasa malam (31/12/2019).

Banjir Besar
(Foto: [email protected])

Peristiwa ini tak hanya menjadi perhatian di level nasional, tetapi juga diberitakan media internasional. Bencana tersebut disebut sebagai yang terburuk sejak banjir yang terjadi di Jakarta pada 2013 lalu.

Banjir yang menimpa wilayah Jakarta membuat PLN melakukan pemadaman listrik di ribuan wilayah Jabodetabek.

Adapun jumlah Korban tewas akibat banjir di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok dan Banten hingga Jumat (3/1/2020)r mencapai 46 orang.

4. Malam Tahun Baru

Suasana perayaan menyambut Tahun Baru juga menjadi Topik pembicaraan publik dan Netizen di Minggu Pertama tahun 20202.

Meskipun hujan deras mengguyur kota Jakarta sejak siang hari, namun masyarakat tetap antusias dalam merayakan Tahun Baru 2020.

Peseimisme

Pemprov DKI Jakarta menggelar sejumlah acara untuk merayakan malam pergantian tahun di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jenderal Sudirman yang diisi dengan ragam pagelaran budaya dan pentas musik. Selain itu juga digelar pesta kembang api di Bundaran HI dan Ancol.

Warga yang berkumpul mengitari bundaran air mancur yang kini berubah menjadi pentas hiburan.

Mereka sudah khusyuk menyimak meski itu baru latihan. Penampil tak kalah serius pula membawakan lagu atau pun menjajal tarian.

BACA JUGA: Tujuh Tipe Cowok Nyinyir yang Bakal Dijauhin Cewek

5. Ahmad Dhani Bebas

Topik lain yang ramai di bahas publik dan netizen di Minggu pertama Tahun 2020 adalah bebasnya Ahmad Dhani Prasetyo dari penjara untuk kasus kicauan di Twitter ‘siapa saja yang dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya’.

Ia resmi keluar dari Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta Timur sekitar pukul 09.30 WIB. Suami Mulan Jameela itu sangat bahagia sekali. Sebab dia bersama keluarganya akan berkumpul serta merayakannya di rumahnya saja.

Minggu Pertama Tahun 2020
(Foto: Instagram/mulanjameela1)

Meskipun Dhani sudah bebas dari jeratan hukum, tetapi ada kasus ujaran kebencian di wilayah Surabaya, Jawa Timur, yang perlu harus dijalani.

Dhani telah divonis enam bulan penjara, tetapi ia hanya menjalani hukumannya itu di rumahnya saja, dan hanya wajib lapor terhadap pihak terkait. (Sbg/Rig)

Comments