Sabigaju.com – Apa saja peristiwa heboh di Minggu ketiga Maret 2020 yang menjadi perhatian dan perbincangan publik dan netizen di berbagai lini media sosial?

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di minggu ketiga Maret 2020.

1. Jagat Sepakbola Terpapar Corona

Wabah virus corona yang telah naik tingkat ke pandemik turut berimbas ke kompetisi sepak bola Eropa.

Tak hanya itu, sejumlah insan dari lapangan hijau, sudah terkonfirmasi terinfeksi virus corona.

Minggu Ketiga Maret 2020
(Foto: Freepik.com)

Dari  Premier League, Inggris  pelatih Arsenal Mikel Arteta dan Pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi dinyatakan positif terinfeksi virus Corona

Dari Serie A Liga Italia hingga Kini  sudah dua pemain yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona yakni Pemain Juventus, Daniele Rugani dan Pemain Sampdoria, Manoli Gabbiadini

Dari Bundesliga pemain Hannover,  Timo Huebers menjadi pesepakbola profesional pertama yang diumumkan terjangkit virus corona.

Kini sejumlah pertandingan diputuskan untuk ditunda, baik liga domestik maupun kancah internasional seperti Liga Champions dan Liga Europa.

BACA JUGA: Wabah Corona Ubah Kebiasaan Masyarakat dan Gaya Hidup

2. Corona Picu Kebijakan Lock Down

Di minggu ketiga Maret 2020 publik dan netizen ramai membahas kebijakan sejumlah Negara yang memberlakukan kebijakan Lock Down lantaran belum ditemukannya obat dan metode penularan secara pasti, membuat kasus Covid-19 ini tak terbendung.

Pada Senin (9/3/2020) malam lalu, Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan lockdown atau penguncian secara nasional untuk membatasi penyebaran virus.

Minggu Ketiga Maret 2020
(Foto: Instagram)

Denmark menjadi negara kedua di Eropa setelah Italia yang menerapkan penguncian diri usai lonjakan kasus virus corona di negara itu.Perdana Menteri Denmar Mette Frederiksen menyebut situasi yang dialami negaranya sebagai situasi luar biasa.

Selain Italia dan Denmark  negara lain yang memberlakukan kebijakan Lockdown adalah Irlandia, Filipina, Kuwait, Tiongkok, Korea Selatan

BACA JUGA: Corona Merebak, Waspada Menggunakan Transportasi Umum

3. Tom Hanks Positif Corona

Di minggu ketiga Maret 2020, para pecinta film digegerkan dengan kabar Pasangan artis Tom Hanks dan Rita Wilson dinyatakan positif mengidap virus corona (Covid-19).

Tom Hanks dan Rita Wilson merupakan pesohor di dunia hiburan pertama yang dikonfirmasi positif terinfeksi virus corona. Tom Hanks mengumumkan kondisi yang dialaminya lewat postingannya di Instagram.

“Halo teman-teman. Rita dan saya di Australia. Kami merasa sedikit lelah, seperti pilek, dan beberapa tubuh sakit. Rita mengalami kedinginan yang datang dan pergi. Demam ringan juga. Untuk mengetahui lebih lanjut, seperti yang diperlukan di dunia saat ini, kami melakukan tes Coronavirus, dan ternyata positif,” tulis Hanks di postingan tersebut.

4. Iuran BPJS Batal Naik

Di Minggu Ketiga Maret 2020 Masyarakat menyambut gembira Keputusan Mahkamah Agung yang membatalkan kenaikan iuran peserta mandiri BPJS Kesehatan.

Padahal, sejak 1 Januari 2020, eks PT Askes (Persero) itu sudah memungut tarif baru kepada peserta, yaitu Rp42 ribu untuk kelas III, Rp110 ribu untuk kelas II dan Rp160 ribu untuk kelas I.

Minggu Ketiga Maret 2020
(Sumber: bpjs-kesehatan.go.id)

Kenaikan iuran itu tidak bisa dibilang sedikit. Apalagi, sejak diwacanakan pada medio tahun lalu, kebijakan tersebut banyak menuai kritik dari berbagai kalangan.

Dan kini masyarakat bisa kembali membayar seperti semula, yaitu Rp25.500 untuk kelas III, Rp51 ribu untuk kelas II dan Rp80 ribu untuk kelas I.

BACA JUGA: Apakah Pacarmu Diam-diam Psikopat? Yuk Kita Kenali 7 Ciri-Cirinya!

5. Kasus Remaja Pembunuh Balita

Di awal Minggu ketiga Maret 2020 Publik dan netizen did gegerkan dengan pengakuan seorang remaja berinisial NF yang merupakan siswi SMP yang membunuh bocah berusia 5 tahun di Jakarta Pusat, mengaku terinspirasi dari adegan film horor yang ditontonnya.

Minggu Ketiga Maret 2020

NF menyerahkan diri ke polisi dan kooperatif dalam menjalani pemeriksaan. NF mengaku mempunyai hasrat untuk membunuh orang dan sudah tak terbendung lagi keinginannya itu. Sehingga, NF membunuh korban yang saat itu sedang berada di rumah.

Korban awalnya ditenggelamkan di bak kamar mandi selama 5 menit, lalu pelaku mencekik leher bocah tersebut.

Setelah itu, korban diikat dan dimasukan ke dalam lemari. Setelah korban lemas, baru dibawa naik ke atas, didudukan. Karena (korban) mengeluarkan darah, lalu disumpal pakai tisu dan diikat.

Comments