Seorang Introvert
(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Seperti kita tahu seorang introvert pada dasarnya adalah individu yang tertutup dan individualis.

Yup,  seorang introvert merasa lebih nyaman apabila melakukan apa-apa secara individual alias lebih senang untuk asyik di dunianya sendiri.

Lantaran itulah seringkali beberapa perilaku seorang Introvert kerap disalahartikan oleh banyak orang.

Dan berikut adalah sederet perilaku seorang introvert  yang sering disalahartikan.

Sering Tidak Mengangkat Panggilan Telepon

Panggilan telepon yang tiba-tiba masuk bagi mereka yang introvert, hal ini menjadi sebuah hal yang besar.

Pasalnya, mereka kurang nyaman apabila harus tiba-tiba mengangkat panggilan telepon yang bukan teman dekat, saudara, orang tua, atau yang sebelumnya belum janjian dulu dengannya.

Seorang introvert kurang peka dalam membaca atau memprediksi mood atau emosi yang sedang dirasakan oleh lawan bicara walau jelas-jelas sudah mendengar suaranya.

Jadi jangan heran apabila ia kerap memilih untuk berkomunikasi lewat chat, e-mail atau SMS.

BACA JUGA: Memahami Tipe Kepribadian Extrovert, Introvert, dan Ambivert

Traveling Sendirian

Dengan sifatnya yang individualis, maka tak heran apabila seorang introvert lebih senang untuk berpergian tanpa teman. Namun bukan berarti ia tidak ingin bergaul.

Mereka melakukan ini karena ingin menikmati atau mungkin lebih tepatnya “meresapi” keindahan dan kebudayaan yang ada di sekelilingnya tanpa ada “interupsi” dari kawan-kawan sekitarnya.

Sering Beraktivitas di Kafe Atau Restoran

Entah itu membaca buku, menyelesaikan pekerjaan, atau hanya ingin menenangkan diri, seorang introvert lebih memilih untuk melakukannya di kafe atau restoran.

Hal ini dikarenakan mereka merasa lebih nyaman, terlindungi, dan “homie”. Intinya mereka merasa bisa jauh lebih konsentrasi dan tenang dalam melakukan aktivitasnya.

BACA JUGA: Gaes! Nih Tips Gaul Keren Plus Kekinian Buat Kamu Para Cowok Introvert 

Lingkar Pertemanan yang Kecil

Seorang introvert lebih senang melakukan apa-apanya secara sendirian, namun bukan berarti mereka tidak ingin bergaul.

Tapi memang guys. Dalam berteman ia agak selektif. Hal ini dikarenakan ia lebih menyukai untuk dekat dengan mereka-mereka yang membuat dirinya nyaman atau lebih spesifiknya, ‘klik’ dengannya.

Baginya,  mereka memiliki teman yang  tidak begitu ‘klik’  dengannya. sangat menghabiskan waktu dan energinya

Suka Menyendiri

Alasan utama mengapa seorang introvert lebih sering menyendiri karena memang dia nyaman banget dengan keadaan demikian.

Baginya, ia akan merasa lebih segar dan mendapatkan segudang inspirasi ketika sendirian. Jadi  nggak usah sok hero kalau kalian melihat ia sedang menyendiri.

Jangan langsung main tegur atau mencoba berinisiatif  menemani dirinya. Sebab kalau kalian bersikap demikian, maka jangan kaget kalau ia nantinya jadi malas untuk berteman dengan kalian lagi.

Sering Pulang Lebih Awal

Mau itu sekolah, kuliah, pesta reuni, atau ajang kumpul-kumpul lainnya,  seorang introvert pasti akan pulang lebih awal.

Hal ini lantaran seorang introvert tidak begitu menyukai kebisingan (terlalu crowded). Terlebih ketika di pesta ia tidak banyak melakukan interaksi dengan orang lain.

BACA JUGA: Ragam Pekerjaan yang Cocok untuk Pria Introvert 

Sering Membatalkan Rencana atau Janji

Mungkin bagi kalian yang memiliki teman introvert, kerap mengalami hal ini.

Mereka melakukan hal tersebut  bukan karena sombong atau ingin menjadi sosok yang menyebalkan. Tapi, dikarenakan ia sedang merasa “kelelahan” baik mental atau fisik untuk bersosialisasi dengan banyak orang.

Oleh karenanya, ia memilih untuk membatalkan rencana yang telah dibuat agar dirinya bisa menghilangkan rasa lelah tersebut. Jadi jangan langsung emosi kepada mereka ya guys! (Sbg/Mrv)

Comments