rasisme
(Foto: Twitter)

Sabigaju.com – Insiden kekerasan berupa pengepungan dan pengusiran serta perbuatan rasis di area asrama mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya berujung aksi unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan massa di Jayapura serta Manokwari. yang berlangsung  hari ini Senin (19/8).

Aksi unjuk rasa yang terjadi di Manokwari, Papua Barat, terjadi karena terprovokasi oleh unggahan di media sosial terkait peristiwa di Asrama Papua di Surabaya.

Kondisi Kota Manokwari dilaporkan mencekam. Massa memblokade sejumlah ruas jalan di Manokwari terutama Jalan Yos Sudarso yang membuat Aktivitas masyarakat maupun arus lalu lintas lumpuh. Terlebih Massa juga telah membakar gedung DPRD Manokwari

Sebanyak tiga anggota kepolisian mengalami luka-luka akibat demo berujung kerusuhan di Manokwari,

Papua menjadi trending topic di Twitter. Puluhan ribu cuitan Papua lalu lalang di jagat Twitter Indonesia.Warganet banyak memberi pendapatnya atas aksi yang cukup memanas tersebut.

BACA JUGA: Yuk Ajari Anak Toleransi Mulai dari Sekarang! 

Rasisme terhadap Papua

Aksi pengepungan serta pengusiran mahasiswa terhadap di Surabaya jelas menandakan kentalnya kebencian berbasis ras kepada orang Papua.

Stigma dan stereotype terhadap orang Papua masih amat kental, mulai dari tukang mabuk, tukang rusuh, sampai tak bisa dididik, dan dianggap setengah binatang.

Seharusnya Pemerintah Indonesia harus terus  berupaya keras menghapus stigmaisasi dan stereotip tersebut.

BACA JUGA:  Apa benar Gigi Hadid Rasis?

Bangsa Indonesia harus saling menghargai, menghormati terhadap setiap anak bangsa Indonesia.

Setiap gerakan, sikap, perkataan, perbuatan yang mengarah ke rasisme di Indonesia harus segera dicegah dan dihentikan agar tidak berujung pada perpecahan.

Ini penting! Sebab bangsa kita adalah bangsa yang besar dan banyak etnisnya, budayanya, dan adat istiadatnya.

BACA JUGA: Persekusi Bukan Karakter Asli Orang Indonesia 

Jahatnya Rasisme

Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.

Ideologi rasis,adalah ideologi yang terkejam yang pernah ada di dunia ini. Sebagai contoh yang tidak akan pernah terlupakan bagi seluruh bangsa di dunia ini adalah buah karya kekejaman Nazi yang dilandasi oleh ideologi rasis atas dasar ras.

Nah apakah contoh itu tidaklah cukup bagi kita di Indonesia untuk jangan pernah terjerat apalagi menggunakannya

Perilaku rasis adalah musuh utama bagi tumbuhnya kekuatan suatu bangsa (Sbg/Rig)

Comments