Sabigaju.com – Begitu banyak orang hidup demi perilaku gengsi yang menurut mereka itu menyangkut kehormatan, martabat meski bikin susah diri sendiri.

Padahal, perilaku gengsi bukan sikap yang keren. Gengsi lebih dekat pada arogansi. Dan jujur aja hasilnya cuma buat rugi dan bikin susah diri sendiri

Tidak salah jika ada yang mengatakan jika seberapa besarnya uang kita,  tidak akan sanggup untuk membiayai perilaku gengsi.

Nah, ada 3 perilaku gengsi yang bila kita wujudkan bisa membuat susah diri sendiri. Apa saja hal tersebut, berikut ulasannya.

BACA JUGA: Doyan Belanja Barang Mewah Justru Bikin Kurang Percaya Diri

Menggunakan Barang Mewah dan Mahal demi Gengsi

Menggunakan barang-barang mewah tak selalu membuat kamu tampak lebih keren dan semakin dihargai. Celakanya, perilaku gengsi yang satu ini kerap menjangkiti orang di kota-kota besar.

Benda yang umum digunakan orang-orang yang gengsian yaitu seperti gedget mahal (handphone, notebook, ipad, dll), pakaian bermerek, aksesoris bermerek, kendaraan mewah, rumah mewah, perhiasan mahal, dan lain-lain.

Warna Fesyen
(Sumber Foto: Men’s fashion)

Banyak orang memaksakan diri untuk menggunakan barang-barang mewah meskipun kondisi finansialnya terbatas. Hal ini bahkan sering mendorong seseorang untuk berutang hanya demi memiliki barang-barang mewah dan sekadar bergaya.

Mahal dan mewah tak selalu berkualitas, dan murah tak selalu murahan. Agaknya prinsip tersebut perlu bahkan wajib kamu terapkan ketika membeli suatu barang.

Membeli barang berdasarkan fungsi akan lebih bijak dibandingkan berdasarkan merek hanya untuk menunjang gengsi. Perilaku tersebut tentu saja merupakan pemborosan dan bikin susah diri sendiri di kemudian hari.

Mengikuti Gaya Hidup Orang Lain

Perilaku gengsi yang juga sulit dihindari adalah kecenderungan mengikuti gaya hidup teman atau rekan kerja. Nongkrong di kafe atau belanja di mall seakan sudah menjadi keharusan untuk menjaga pergaulan.

Barang Mewah
(Foto: Freepik.com)

Perilaku gengsi yang erat dengan gaya hidup konsumtif ini biasanya dilakukan dengan anggapan keliru bahwa bersosialisasi dengan orang yang memiliki gaya hidup konsumtif maka komunikasi yang dilakukan akan sampai.

Padahal, kamu tak perlu memaksakan diri untuk menjalani gaya hidup glamor kalau kondisi finansial tidak memadai. Perilaku ini hanya bikin susah diri sendiri di kemudian hari. Percaya deh!

BACA JUGA: Stop Menghabiskan Banyak Uang Hanya untuk Bikin Orang Terkesan! 

Suka Dikagumi Orang Lain

Perilaku Gengsi
(Foto: freepik.com)

Ini juga salah satu perilaku gengsi yang patut kamu hindari . Saat seseorang melakukan gaya hidup yang konsumtif dan ada orang yang memuji dia maka perasaannya langsung senang.

Sayangnya, keinginan untuk dikagumi orang lain malah membuat orang  harus merogoh kocek dalam-dalam. yang bisa membuatmu terjerumus masuk ke dalam kondisi keuangan yang sulit.

BACA JUGA: Sederet Resiko Memaksakan Diri Menikah Secara Mewah 

Melangsungkan Pernikahan Mewah

(Foto: Unsplash)

Banyak orang menganggap bahwa sebuah pernikahan mewah adalah salah satu indikator kesuksesan seseorang.

Sebaliknya, pernikahan mewah malah rentan mengganggu kestabilan kondisi finansial. Jangan sampai kamu malah berutang dalam jumlah besar hanya demi mengadakan pesta pernikahan besar-besaran. (Sbg/Rig)

Comments