Meninggalkan Rumah
Kamu harus memastikan kondisi rumah aman sebelum pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama untuk berlebaran. (Sumber Gambar: bspguard.co.id)

Sabigaju.com – Waktunya mudik nih. Artinya kamu harus meninggalkan rumah dengan waktu cukup lama. Bagi yang tidak mudik pun pastinya punya jadwal panjang untuk mengunjungi kerabat ataupun handai taulan di Hari Lebaran

Jangan cuma persiapan saat perjalanan aja yang kamu perhatikan. Kamu juga harus aware dengan keadaan rumah.

Mau Lebaran gini, pencurian pasti merajalela. Bukan pencurian aja, masalah lain juga bisa timbul jika kamu begitu teledor saat meninggalkan rumah. Nih, tips meninggalkan rumah supaya kamu enggak kecolongan saat sedang mudik.

BACA JUGA: Sejumlah Modus Kejahatan yang Bisa Menimpamu Saat Mudik

Kunci Rumah dengan Baik

Pastikan kamu sudah mengunci rumah dengan aman. Jangan cuma pintu, jendela, garasi dan gerbang juga. Kemudian, kamu juga harus memastikan tempat penyimpanan barang berharga sudah tertutup dan terkunci rapat.

Amankan Barang Berharga

Barang berharga harus aman nih, Sob. Kalau bisa, kamu enggak meninggalkan sejumlah uang cash dan perhiasan.

Kamu bisa kok menaruhnya di bank. Atau lebih baik, kamu punya brankas yang memiliki kode sandi untuk membukanya.

BACA JUGA: 7 Hal Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Mudik Lebaran

Cegah Kebakaran

Ini yang seringkali luput dari perhatian saat meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Kamu harus mencabut kompor gas dari tabung elpiji. Walau tak terpakai, risiko bocor bisa terjadi.

Pastikan juga kamu tak menyalakan listrik yang tak terpakai. Ini untuk berjaga-jaga kalau ada kebocoran gas atau konslet.

Lapor  RT

Kamu bisa melapor pada keamanan serta RT agar mereka tahu rumah kamu kosong. Jika sudah demikian, mereka bisa memberi perhatian lebih pada rumah kamu.

BACA JUGA: Mempercantik Interior Rumah? Cek 5 Online Shop Home Decor Berikut Ini!

Titip Tetangga

Tetangga yang tidak mudik dan bis dipercaya pun kamu bisa juga nih, menitipkan rumah pada mereka. Bilang bahwa kamu titip rumah agar bisa dilihat oleh mereka. Jangan lupa, oleh-oleh dari kampung sebagai tanda terima kasih.

Titipkan Hewan Peliharaan

Saat kamu meninggalkan rumah untuk berpergian saat libur Lebaran dalam waktu yang cukup lama, hewan peliharaan juga harus diperhatikan.

Kamu bisa menitipkannya pada hotel khusus hewan peliharaan kamu. Lumayan sih harganya. Tapi demi kesehatan dan keamanan mereka, kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam.

BACA JUGA: Jarang Bersihkan Rumah? Bisa Jadi Kamu Alami Gangguan Jiwa

Bikin Seolah Ada Orang di Rumah

Ini bisa jadi trik andalan saat kamu meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama . Berpura-pura saja ada orang dalam rumah.

Misal menyalakan lampu ruang tamu, lampu depan rumah, atau menutup jendela sehingga saat malam hari, rumah kamu seolah berpenghuni.

Pasang CCTV

Kalau mau lebih aman saat meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama , kamu bisa nih pasangan kamera CCTV agar bisa terpantau dengan baik. Zaman sekarang, CCTV bisa dipantau dari kejauhan, loh!

Sekian, Sob, tips aman meninggalkan rumah. Moga membantu, ya! (Sbg/Dinda)

Comments