(Grafis :Sigit Sulistyo/Sabigaju.com)

Sabigaju.com – Sejumlah peristiwa di Tanah air menjadi perhatian publik dan netizen di berbagai lini media sosial pada Minggu Ketiga Bulan September 2019.

Mulai dari kabar duka meninggalnya Presiden ketiga BJ Habibie hingga ramainya perbincangan yang menyorot kontroversi permen White Rabbit

Berikut selengkapnya lima peristiwa yang menjadi sorotan publik dan netizen di minggu ketiga Bulan September 2019.

BACA JUGA: Kisah John Mayer Tobat Menenggak Minuman Haram 

Permen Haram

Publik dan netizen di dunia maya tengah mengikuti perkembangan informasi yang datang dari Negeri Jiran, Malaysia seputar kontroversi Permen legendaris White Rabbit.

Setelah beberapa tahun silam peredaran permen ini pernah dicekal di beberapa negara karena kedapatan mengandung merkuri, kini permen rasa susu yang terkenal dengan pembungkus lapisan dalamnya yang bisa dimakan itu kini jadi perdebatan di negeri Jiran Malaysia.

Minggu ketiga Bulan September
(Sumber Foto: therakyatpost.com)

Permen White Rabbit asal China ini didebat warga Malaysia karena diragukan kehalalannya meskipun telah tercantum logo halal di dalamnya. Tak butuh waktu lama, keraguan kehalalan permen tersebut langsung viral di media sosial Malaysia.

Dilansir Sabigaju dari laman The Rakyat Post, mena Perwakilan Kementerian Malaysia, Fuziah Salleh. Lewat pernyataannya di TV Al Hijrah Kamis 12 September 2019 lalu, ia menyatakan bahwa permen White Rabbit Haram.

Fauziah sempat menguji permen tersebut di Departemen Kimia untuk mengetahui jejak DNA babi dan sapi yang ada dalam permen tersebut, dan hasilnya positif mengandung babi dan sapi di dalam komposisinya.

BACA JUGA: Kasus Korupsi Terheboh yang Pernah Terjadi di Indonesia

Sorotan Tajam Buat Ketua KPK Baru

Nama Irjen Firli Bahuri mendadak menjadi bahan perbincangan publik dan netizen di dunia maya Komisi III DPR RI secara bulat menetapkan dirinya sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Minggu Ketiga Bulan September
(Sumber Foto: inews.id)

Pasalnya sebelumnya pencalonan Firli Bahuri yang notabe berasal dari kalangan kepolisian mendapat respon yang kurang baik dari berbagai kalangan.

Salah satunya ialah dari karyawan lembaga KPK sendiri yang kabarnya di tolak oleh kurang lebih 500 pegawai yang bekerja di lembaga anti rasuah tersebut.

Sebanyak 500 karyawan KPK yang menolak Firli tersebut merasa gelisah karena Firli Bahuri dinilai telah melanggar melanggar kode etik ketika menjabat Direktur Penindakan KPK.

BACA JUGA: Begini Indahnya Pemandangan Gili Lawa Sebelum Habis Terbakar 

Kebakaran di Gunung Merbabu

Perhatian netizen di minggu ketiga September 2019 juga tertuju pada peristiwa terbakarnya Kawasan lereng gunung Merbabu di wilayah Dusun Malang, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Minggu Ketiga Bulan September
(Sumber Foto:ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Titik api diketahui kali pertama pada Rabu (11/9) sekitar pukul 19.17 WIB. Dan hingga hari ini, Sabtu , 14 September 2019 api belum bisa dipadamkan hingga terus meluas areanya. Bahkan, kebakaran merambat hingga ke beberapa wilayah di Kabupaten Boyolali.

Titik api masih di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu dan belum sampai ke desa, tapi kebakaran telah merusak sejumlah saluran air warga.

BACA JUGA: Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Selamat Jalan B.J. Habibie

BJ Habibie Meninggal Dunia

BJ Habibie
(Foto: Instagram putrantoedwin)

Perhatian publik dan netizen di dunia maya pad minggu ketiga September ini juga tertuju pada Kabar duka. Presiden Ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie alias BJ. Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) lalu tepatnya Pukul 18.05 WIB.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal lantaran penyakit yang dideritanya.

Sebelum meninggal, BJ Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019 lalu, di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika RSPAD.

Usai Usai Upacara yang akan dipimpin Presiden Jokowi, Jenazah Almarhum BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. tepat di samping makam istri tercintanya.

BACA JUGA: Produk Apple Banyak Bermasalah, Masih Patut Jadi Unggulan?

iPhone 11 Pro Memicu Fobia

Demi mengejar ketertinggalannya dari sisi modul kamera, iPhone menyematkan tiga kamera belakang yang tersusun secara zig-zag di dalam bingkai persegidialam produk barunya Apple 11.

Sayangnya hal itu malah dianggap sebagian orang tampak aneh, malah ada juga yang menyatakan kalau susunan kamera belakang iPhone 11 Pro ini dilaporkan membuat sebagian orang bergidik karena memicu trypophobia.

MInggu Ketiga Bulan September
Sumber Foto: (AP Photo/Tony Avelar)

Jenis fobia ini timbul ketika orang yang memiliki trypophobia melihat melihat lubang-lubang kecil yang menggerombol, misalnya seperti sarang lebah atau biji lotus (seroja).

Orang dengan fobia ini akan langsung bergidik, geli, gatal, hingga merasa mual dan muntah apabila melihat lubang-lubang tersebut lebih dekat.

Memang belum ada penelitian sahih yang membuktikan kamera iPhone 11 Pro bisa merangsang pengidap trypophobia. Namun beberapa warganet mengaku cukup terganggu melihat penampakan modul kamera iPhone dari dekat. (Sbg/Rig)

Comments