Sabigaju.com – Umat Kristiani serempak merayakan Paskah. Bukan hanya doa dan ibadah, ada sisi menarik saat merayakan Paskah. Biasanya, perayaan Paskah identik dengan menghiasi telur. Namun, tahukah kamu kalau di berbagai negara memiliki perayaan unik saat Paskah? Yuk, simak berikut ini Sobat Sabi!

Perancis

Paskah memang identik dengan telur. Di Perancis sendiri, perayaan Paskah menggunakan telur. Namun, bukan dihias seperti pada umumnya telur tersebut dibuat untuk membuat omelet raksasa. Omelet yang dibuat dari 4500 butir telur ini nantinya akan dimakan bersama-sama di alun-alun kota.

Brazil

Pascoa adalah sebutan untuk tradisi unik yang biasanya dilakukan saat Paskah tiba di Brazil. Tradisi Pascoa dimulai dengan perayaan agama dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan membawa patung Bunda Maria dan Yesus. Sekitar 40 hari sebelum puasa paskah, warga Brazil mengadakan Rio Carnaval.

Finlandia

Masyarakat Finlandia menyalakan api unggun saat Paskah tiba. Hal ini dilakukan untuk mengusir penyihir yang dipercaya berkeliaran waktu Jumat Agung dan hari Paskah. Agar semakin semarak, anak-anak di Finlandia menggunakan kostum ala penyihir.

Polandia

Polandia juga memiliki cara unik saat merayakan hari Paskah. Yakni pemuda pemudi Polandia saling menyiramkan air satu sama lain dengan menggunakan ember atau pistol air. Bagi mereka yang basah kuyup karena terkena siraman tersebut dipercaya akan menikah di tahun depan.

Yunani

Yunani merayakan Paskah pada Sabtu Suci dengan tradisi unik Pot Throwing. Masyarakat Yunani akan membuang pot dari jendela rumahnya. Masyarakat Yunani juga akan membuang perabotan lamanya. Hal ini juga untuk menyambut musim panen.

Norwegia

Membaca novel kriminal merupakan tradisi unik saat Paskah di Norwegia yang dikenal dengan Paaskekrimmen atau Easter Thrillers. Tradisi membaca novel saat Paskah dimulai sejak tahun 1923. Pada tahun tersebut sebuah penerbit buku mencetak plot dari novel kriminalnya ke sebuah halaman surat kabar. Masyarakat Norwegia tertarik dan menjadikannya kasus kriminal yang sesungguhnya.

Republik Ceko dan Slovakia

Hati-hati bagi kamu para wanita yang ingin merayakan Paskah di Republik Ceko dan Slovakia. Jangan kaget jika ada laki-laki yang memukul bokong kalian. Yap, hal tersebut merupakan bagian dari perayaan unik saat Paskah di Republik Ceko dan Slovakia. Pria akan memukul bokong wanita menggunakan ranting pohon willow yang dihiasi dengan pita warna-warni. Namun, tenang saja, mereka memukulnya dengan ringan dan tidak menyakiti. Hal ini dipercaya dapat mentransfer kesuburan bagi wanita.

Spanyol

Tradisi dansa de la mort atau death dance yang berarti dansa kematian merupakan tradisi unik yang dilakukan masyarakat Spanyol. Dansa kematian ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Spanyol saat menyambut Paskah yaitu pada Kamis Putih. Masyarakat spanyol berparade menggunakan kostum tengkorak.

Britania Raya

Tradisi unik di Britania Raya saat perayaan Paskah dilakukan beberapa hari sebelumnya. Yakni pada hari Selasa yang mereka sebut Shrove Tuesday. Di kota kelahiran Shakespeare, tradisi unik saat Paskah dirayakan dengan Pancake run. Pancake run adalah sebuah lomba dimana pesertanya harus berlari dengan wajan berisi pancake hingga garis finish dan tidak boleh menjatuhkannya. Di garis star peserta juga harus melempar pancake dan menangkap kembali dengan wajannya.

Tradisi pancake run saat Paskah di Britania Raya ini untuk mengenang seorang wanita yang masih saja membuat pancake saat lonceng gereja telah berbunyi. Karena tidak ingin telat beribadah, wanita tersebut berlarian dan membawa waja pancake ke gereja. (sbg/Aqiyu)

Comments