Perasaan Cemburu
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Seringkali perasaan cemburu diartikan sebagai tanda cinta terhadap pasangan. Tak hanya dalam kehidupan asmara, perasaan cemburu juga bisa menghinggapi kamu di dunia karir ataupun pertemanan.

Sesehat apapun hubungan yang kamu miliki, kamu dan pasangan tidak akan bisa terhindar dari perasaan cemburu. Yup, cepat atau lambat, kamu atau pasangan pasti akan merasakannya.

Nah kamu harus tahu nih gaes jika kamu dihinggapi perasaan cemburu hingga membuat seseorang jadi terkekang, bisa jadi itu tanda kamu memiliki ciri kepribadian narsistik.

BACA JUGA: Langsung Cemburu Ketika Pacar Chat dengan Pria Lain? 

Studi Narsistik dan Perasaan Cemburu

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Psychology mengungkap bagaimana kekerasan psikologi dan cemburu dapat hadir dalam dua bentuk narsistik yang berbeda yakni  narsisme grandiose dan narsisme vulnerable.

Narsistik grandiose adalah ciri yang sudah dikenal luas sebagai perilaku narsis yakni kesombongan, sering memberikan labeling, dan egois.

Sementara narsistik vulnerable digambarkan memiliki ego yang sama-sama meningkat, tetapi cenderung malu-malu, cemas, dengan harga diri yang lemah yang gampang terpengaruh oleh tanggapan orang lain.

BACA JUGA: Sering Kepoin HP Pasangan Termasuk Kekerasan Domestik

Waspada Terhadap Perilaku Narsistik

Para peneliti mensurvei 473 orang dalam hubungan yang stabil untuk menilai kepribadian dan perilaku terhadap pasangan serta tingkat kecemburuan.

Mereka menemukan bahwa kedua bentuk narsisme terkait dengan kekerasan psikologis, tetapi dengan cara yang berbeda.

Narsistik grandiose dikaitkan langsung dengan kekerasan psikologis yang nyata, sementara narsistik vulnerable rentan dihubungkan secara tidak langsung melalui kecemburuan romantis.

Keduanya sama-sama sangat sensitif terhadap kritikan orang lain dan punya ego tinggi, dan kedua sikap ini sama-sama bersifat racun dalam hubungan cinta.

BACA JUGA: Berbagai Mitos soal Relationship yang Nggak Masuk Akal 

Selain itu mereka juga memiliki tingkat kecemasan tinggi dalam hubungan dengan orang lain, sensitif terhadap sinyal atau tanda perpisahan, dan merasakan tekanan lebih besar saat ada perpisahan.

Karakteristik individu ini pada gilirannya akan membuat mereka lebih waspada terhadap segala hal yang dianggap “ancaman” dalam hubungan. Pada akhirnya mereka jadi gampang cemburuan.

Meski tidak semua orang yang mengungkapkan perasaan cemburu itu narsistik,  tetapi hal itu harus diwaspadai yah gaes! (Sbg/Rig)

Comments