Sabigaju.com – Dipilih untuk berperan sebagai salah satu tokoh dalam cerita yang melegenda memang tak mudah. Ini yang mungkin Iqbaal akan alami dalam beberapa waktu mendatang ketika memerankan tokoh Minke dalam film Bumi Manusia.

Sobat Sabi penikmat sastra milik Pramoedya Ananta Toer pastilah sangat paham dengan sosok Minke dalam novel Bumi Manusia. Ia anak muda asal Jawa berusia 20 tahun yang menjalin asmara dengan seorang gadis Eropa bernama Annelies.

Baca juga: Soundtrack Film Dilan 1990, Bikin Baper dan Kangen Masa SMA

Minke juga adalah pria cerdas. Ia berani dengan tegas menyatakan pendapat dan haknya sebagai pribumi. Mungkin sifatnya ini disebabkan ia bersekolah di HBS, sekolah yang rata-rata dibanjiri oleh kalangan bangsawan dan kulit putih Eropa.

Walau dianggap mampu karena pernah bersekolah di Amerika, pantaskah Iqbaal memerankan Minke dalam film Bumi Manusia nanti?

https://www.instagram.com/p/BjMNiLVHkyj/

Proses Penggarapan Bumi Manusia

Februari 2018, Hanung Bramantyo selaku pembesut film ini mengumumkan bahwa timnya sudah menemukan satu pemain. Namun saat itu, tentu penggemar novel Tetralogi Pulau Buru belum bisa menebak siapa sekiranya yang akan memerankan tokoh-tokoh dalam novel spektakuler tersebut.

Beberapa meyakini Reza Rahadian yang akan memerankan tokoh Minke dan Chelsea Islan si tokoh Annelies. Mungkin ini mengingat mereka pernah memerankannya dalam versi teater yang bertajuk Bunga Penutup Abad dan akhirnya sukses.

Baca juga: Trailernya Ditonton Lebih dari 4 Juta Kali, Film Dilan Bakal Meledak?

Kemudian beberapa hari lalu, Iqbaal Ramadhan resmi didapuk sebagai Minke. Sontak kabar ini membuat publik bertanya-tanya, mampukah Iqbaal?

Memang, selain novelnya yang laris, cerita yang ada di dalamnya begitu sedemikian rumit sekaligus ciamik. Pramoedya mampu menggambarkan sosok modern di tengah latar penjajahan Hindia Belanda kala itu. Dengan materi yang sedikit berat, Iqbaal kemudian diragukan dalam memerankan sosok Minke.

Banyak yang berspekulasi bahwa para tim penggarap hanya menargetkan viewers karena suksesnya Iqbaal di film Dilan 1990. Belum lagi penggemar Iqbaal yang luar biasa banyak. Tanpa melihat kredibilitas aktor, Hanung dinilai tak mampu memilih dengan cerdas.

Namun beberapa lainnya dengan optimis menyatakan bahwa Iqbaal bisa. Ini mengingat Iqbaal juga pernah diragukan ketika bermain dalam film Dilan 1990. Walau demikian, nyatanya Iqbaal bisa meraih kesuksesan usai berperan sebagai Dilan.

Memang, sudah sepatutnya penggarap film mempertimbangkan dengan matang siapapun aktor yang berperan, terlebih untuk film yang digarap dari sebuah novel sastra legendaris. Demi menghayati apa yang hendak disampaikan penulis, tentu serta bentuk apresiasi terhadap mereka, tim penggarap harus dengan serius menentukan semua komponen yang nantinya diikutsertakan dalam film, termasuk aktor. Bukan hanya dengan menargetkan viewers dan keuntungan materil serta eksistensi semata.

Semoga terpilihnya Iqbaal sebagai Minke bisa menarik minat, serta meneruskan kebangkitan film yang digarap melalui novel sastra. Tentu ini untuk kemudian menjadi lambang kesuksesan film, serta sastra-sastra di Tanah Air. (Sbg/Dinda)

Comments