Rasa Kesepian
(Foto: Freepik,com)

Sabigaju.com – Sebelumnya sudah kita bahas nih, apa sih yang menyebabkan banyak orang dihinggapi rasa kesepian?

Padahal kita sudah berada di era internet dan media sosial. Yang artinya, kita terhubung dengan banyak orang dari seluruh dunia, mulai dari yang sudah kita kenal maupun yang baru kita kenal.

Tapi masih banyak aja nih, orang yang dihinggapi rasa sangat kesepian walau sebetulnya mereka tidak sendiri. No worries, kamu sebetulnya tidak sendiri. Banyak orang yang mengalami hal ini dan berjuang melawannya.

Nah , ada beberapa cara simple yang bisa kamu lakukan untuk memerangi rasa kesepian. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Kenapa Kita Masih Kesepian di Era Media Sosial?

Berbicara dengan Orang Baru

Mungkin kamu pada awalnya akan merasa sok kenal banget. Tapi faktanya, mencoba berkenalan dan mengobrol dengan orang baru adalah hal yang menyenangkan dan bisa mencegah datangnya rasa kesepian tanpa kita sadari.

Pada sebuah studi yang diterbitkan di Journal Experimental of Psychology, seorang psikolog bernama Juliana Schroeder dan Nicholas Epley mencoba memahami kenapa orang jarang berinteraksi dengan orang baru.

Jawabannya, mereka merasa ada konsekuensi karena bisa dinilai berbahaya oleh orang lain dan lebih baik menyendiri.

Namun setelah itu, studi ini meminta beberapa orang untuk berinteraksi dengan orang baru ketika dalam perjalanan. Hasilnya, mereka mengaku merasa bahagia dan bahkan bisa menulari orang lain.

BACA JUGA: Sudah Punya Pasangan, Kok Merasa Kesepian? Awas Potensi Kematian

Log Off  Sesekali

Kamu tau enggak, komunikasi tatap muka langsung dapat meningkatkan produksi endorfin.

Hormon ini merupakan bahan kimia otak yang meringankan rasa sakit dan kebahagiaan. Interaksi tatap langsung juga bisa meningkatkan kesehatan fisik. Begitu kata psikolog Susan Pinker dalam Bukunya berjudul  The Village Effect.

Tak hanya itu, orang yang sering berinteraksi dalam media online ternyata cenderung tak bersemangat dari waktu ke waktu.

Sebuah studi longitudinal oleh Holly Shakya dan Nicholas Christakis juga menyatakan bahwa jejaring sosial seperti Facebook tidak baik untuk kesehatan mental dan bisa membuat kita dijangkiti rasa kesepian. Interaksi semacam ini tidak dibutuhkan untuk kehidupan nyata yang sehat.

Namun bukan hal yang tak bisa dipungkiri bahwa kita kadang membutuhkan media sosial untuk beberapa hal. Namun ada baiknya kita menjauhkan diri dari media sosial sesekali ya.

BACA JUGA: Jangan Salah! Kerap Berpenampilan Mewah Ciri Orang yang Kesepian

Bertetangga

Kita seringkali mengabaikan hubungan sosial kita dengan beberapa orang terdekat. Padahal, ini tak kalah pentingnya.

Padahal, penting bagi kita untuk menjalin komunikasi sesekali dengan orang yang dekat secara geografis, seperti tetangga ataupun teman sekantor bahkan jika kamu tak memiliki kedekatan yang spesial dengan mereka.

Enggak sulit ternyata ya, mengobati rasa kesepian. Tinggal kamunya aja nih, mau apa enggak. (Sbg/Dinda)

Comments