penyebab terlambat haid

Sabigaju.com – Haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Rata-rata siklus menstruasi terjadi sekitar 28 hari, tapi bisa juga lebih cepat atau lebih lambat 7 hari yakni sekitar 21 hingga 30 hari.

Bisa dipastikan hampir semua wanita ingin siklus menstruasinya lancar setiap bulan, sebab siklus menstruasi yang lancar merupakan tanda kondisi kesehatan yang baik. Tapi karena berbagai kondisi, banyak juga wanita yang merasakan siklus menstruasinya terlambat, dan penyebabnya tak cuma hamil.

Ya, memang terlambat datang bulan adalah salah satu tanda kehamilan. Namun pada kehamilan, biasanya tanda tersebut diiringi dengan gejala lain seperti badan mudah lelah, mual, dan muntah. Jika siklus haid Anda terlambat tapi Anda tidak mengalami tanda-tanda tersebut, kemungkinan inilah penyebabnya:

Penyebab Terlambat Haid

1. Stres

Hormon kortisol yang diproduksi saat Anda stres bisa membuat fungsi vital seperti aliran darah ke paru-paru dan otot meningkat, sementara sistem pencernaan dan reproduksi akan terganggu. Ini akan berlangsung hingga masa stresnya berakhir, tak heran kalau selama stress menstruasi pun akan terlambat.

2. Perubahan berat badan yang drastis

Perubahan berat badan yang terjadi secara drastis dapat mempengaruhi homon hypothalamus, sebuah kelenjar yang berfungsi mengontrol proses internal dalam tubuh. Perubahan berat badan yang drastis akan membuat hormon tersebut jadi tidak seimbang dan akhirnya siklus menstruasi Anda pun terganggu.

3. Olahraga ekstrem

Ingatlah bahwa olahraga akan menguras tenaga. Jika dilakukan berlebihan, yang terjadi bukannya Anda semakin sehat melainkan malah kelelahan dan stress. Selain itu, jika Anda gemar berolahraga, pastikan Anda tetap mengonsumsi kalori dan protein yang cukup.

4. Sakit tiroid

Kelenjar tiroid mengontrol metabolisme tubuh. Jika Anda memiliki penyakit tiroid, maka hormon tubuh Anda bisa jadi tidak seimbang dan mengganggu siklus menstruasi.

5. Polycystic ovary symptom (PCOS)

PCOS adalah sebuah kondisi di mana tubuh wanita lebih banyak menghasilkan hormon laki-laki. Salah satu tanda PCOS adalah keterlambatan menstruasi.

6. Prematur menopause

Wanita juga bisa mengalami menopause meski usianya masih di bawah 40 tahun, kondisi ini disebut dengan prematur menopause. Sebelum mengalami menopause, siklus menstruasi biasanya menjadi tidak teratur.

Untuk mengetahui diagnosa yang tepat atas keterlambatan siklus menstruasi Anda, baiknya Anda mengonsultasikannya langsung ke dokter. Sebab penyebab terlambat haid antara wanita yang satu dengan yang lainnya mungkin berbeda. (Sbg/Ftr)

Comments