Rasa Marah
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com –  Gaes, kamu pernah nggak punya pengalaman  dimana temanmu dilanda rasa marah enggak jelas atau tanpa sebab? Atau justru kamu yang mengalaminya?

Jika kita sering merasakannya, gampang tersinggung, dan seolah ingin membentak orang di sekitar kita, walau tidak tahu apa penyebabnya, itu merupakan sesuatu yang tidak normal.

Nah, Sabigaju mau bahas nih kenapa hal itu bisa terjadi.  Cek yuk sebelum kamu marah nggak jelas.

BACA JUGA: Marah Antara Lapar dan Bikin Badan Kegemukan

Pemicu Marah Tanpa Sebab

Ada banyak pemicu timbulnya rasa marah. Salah satu penjelasannya adalah kita memiliki batasan yang lemah. Kita mengatakan ‘iya” ketika sebenarnya ingin menolak.

Kita melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak nyaman demi orang lain. Kita sangat lelah dan merasa kosong.

Menurut Psikolog Julie de Azevedo Hanks mengatakan, banyak orang tidak menyadari mengapa dirinya gampang marah.

“Kita merasa orang memanfaatkan kita dan tak sadar sebenarnya kita juga ambil bagian mengapa hal itu terjadi,” papar Hanks.

Kurang tidur dan tenggelam dalam daftar pekerjaan yang panjang juga bisa membuat kemampuan kita menghadapi masalah berkurang. Kita pun berubah jadi pemarah.

Pemicu rasa marah lain yang jarang disadari adalah depresi. Selama ini orang mengira depresi hanya berarti sedih dan menangis berkepanjangan. “Meningkatnya emosi marah sebenarnya juga salah satu gejala,” tambahnya.

Sementara menurut psikoterapis Rebecca Wong melihat banyak individu dan pasangan yang merasa marah karena masalah dalam hubungan. Mereka marah kepada suami atau istri, anak, orangtua, teman, atau rekan kerja.

“Rasa marah juga bisa timbul karena merasa tidak dilihat atau diperhitungkan,” kata Wong. Kita mungkin berharap sahabat mendukung, tetapi ia tidak melakukannya. Kita berharap pasangan ikut membantu dalam pekerjaan rumah, tetapi ia seolah selalu sibuk dan tidak mengerti,” paparnya

“Bila tombol itu terus-terusan ditekan, emosinya akan berbalik menjadi amarah tanpa tahu penyebabnya,” tutupnya.

Mengontrol Marah

Nah, berikut ini adalah beberapa cara  cerdik yang dapat membantumu mengontrol rasa marah tanpa sebab agar tidak sampai keluar kendali:

1. Mengenali

tanda-tanda Menyadari perubahan dalam tubuh, emosi, dan perilaku yang dihasilkan dari kemarahan dapat membantu seseorang memutuskan bagaimana bereaksi terhadap suatu situasi, sebelum bertindak.

BACA JUGA: Revenge Porn, Dendam Digital dan Kerusakan Mental

2. Melepas Ketegangan

Cara cerdik mengontrol rasa marah tanpa sebab adalah dengan melepaskan ketegangan. Hal itu dapat dilakukan dengan melakukan peregangan pada rahang, pundak, atau pada lengan dan kaki.

Regangkan pula bahu ke belakang, atau kendurkan rasa tegang di bagian leher dengan menggerakkannya ke kiri dan kanan, jika ketegangan terasa di sana

3. Mendengarkan

Saat seseorang dilanda rasa  marah, sangat mudah bagi seseorang untuk menarik kesimpulan tanpa melihat persoalan secara utuh.

Jika ada perdebatan yang panas, luangkan waktu untuk memberi jeda, dan mendengarkan sebelum menanggapi atau memberi jawaban.

4. Cari Pengalihan

Mendengarkan musik, menari, berjalan-jalan, menulis jurnal, atau sekadar mandi bisa membantu mencegah kemarahan yang memuncak.

BACA JUGA: Ghosting, Ditinggal Kekasih Pas Lagi Sayang-sayangnya

5. Mengubah Pola Pikir Negatif

Ingatlah, dalam suasana hati yang panas, situasi yang terjadi bisa terlihat jauh lebih buruk dari yang sebenarnya.

Maka, metode yang disebut restrukturisasi kognitif dapat membantu seseorang untuk mencoba mengubah pola pikir negatif yang berkecamuk saat dilanda rasa marah.

Nah, semoga kamu dapat mengendalikan rasa marah tanpa sebab  yah gaes! (Sbg/Rig)

Comments