mudah lelah dan lemas
illustrasi pixabay

Sabigaju.com – Apakah Sobat Sabi merasa dengan semakin bertambahnya umur, tubuh menjadi kurang berenergi, bahkan cenderung mudah lelah?

Spesialis penyakit dalam Dr Mangatas Manalu menjelaskan, bahwa ada berbagai perubahan di dalam tubuh jelang usia 30-an. Dalam tubuh ada suatu proses yang disebut anabolisme (membangun sel) dan katabolisme (menghancurkan sel tubuh dan membuangnya). Bagi kamu yang memasuki usia 30-an, kedua proses tersebut menurun kinerjanya. Jadilah seseorang jadi mudah lelah dan lemas karenanya.

Selain itu ada beberapa hal lain terkait pola hidup dan keadaan yang perlu kamu perhatikan agar kamu bisa memahami mengapa kamu mengalami kelelahan yang berkepanjangan.

Penyebab Mudah Lelah dan Lemas Sepanjang Hari

source : huffingtonpost.com

1. Kurang Tidur (Insomnia)

Setiap manusia butuh istirahat yang cukup. Tubuh yang lelah membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan fungsi dari setiap organ. Tidur normal biasanya bervariasi antara 6-8 jam. Jadi, ketika kamu istirahat kurang dari 6 jam, maka salah satu dampaknya adalah menurunnya performa baik fisik maupun otak.

2. Gangguan Tidur (Sleep Apnea)

Mungkin orang luar melihat kamu terlihat sudah cukup tidur hingga di rata-rata 6-8 jam. Tapi belum tentu kualitas tidurnya baik. Sleep Apnea adalah gangguan tidur yang ditandai oleh kesulitan nafas karena penyempitan saluran nafas selama tidur yang terjadi berulang-ulang.

Sleep Apnea inilah yang membuat kualitas tidur akan menurun. Meskipun kamu sudah menempuh rata-rata 6-8 jam istirahat. Sleep Apnea juga berkaitan dengan penyakit bahaya lain seperti hipertensi, gangguan jantung, diabetes dan stroke.

3. Darah Rendah (Anemia)

Kekurangan darah merah atau darah rendah adalah salah satu alasan utama seseorang mengalami lelah yang berkepanjangan. Tipe anemia sangat rentan bagi kelelahan tubuh dan ternyata banyak menimpa laki-laki dan terutama perempuan, saat menstruasi.

4. Kurang Olah Raga

Ternyata dengan jarang melakukan olahraga bisa membuat tubuh kamu mudah lelah juga loh sob. Karena dengan berolahraga akan membuat metabolisme tubuh kamu tetap terjaga, juga membantu mengeluarkan racun melalui keringat. Setelah olahraga juga tubuh kamu akan memproduksi hormon-hormon yang membuat kamu lebih segar dan bahagia.

5. Kemungkinan Kelainan Jantung 

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi sebagai pompa yang mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jantung yang sakit mengakibatkan darah tidak dapat mengantar makanan ke seluruh tubuh dengan baik. Dimana akibatnya sel-sel tersebut akan kekurangan energi. Dengan tidak berfungsinya jantung secara optimal tersebut mengakibatkan seseorang bisa mengalami kelelahan yang berkepanjangan

6. Depresi

Sepintas kamu mungkin berpikir kalau depresi hanya sebatas gangguan emosi. Namun, ternyata gejala depresi itu berhubungan juga dengan fisik loh sob. Salah satu gejala yang paling umum adalah kelelahan, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan.

Selain kondisi dan gaya hidup ternyata ada faktor makanan yang menjadi penyebab utama kelelahan.

Sumber Makanan yang Menjadi Penyebab Mudah Lelah

Selain pola hidup, ternyata ada beberapa daftar makanan yang bisa membuat tubuh menjadi mudah lelah. Maka, ada baiknya kalau kamu bisa memperhatikan beberapa daftar menu makanan di bawah ini, yang kalau dikonsumsi dalam jumlah dan frekuensi waktu yang banyak, akan menyebabkan tubuh kamu lebih mudah lelah.

1. Kalkun 

Mengonsumsi kalkun secara berlebih bisa membuat tubuh kamu mudah lelah. Hal itu terjadi karena pada daging kalkun terdapat kandungan trypthopan, yakni sejenis asam amino yang dapat membuat tubuh pada kondisi yang sangat rileks.

Kalau tubuh kita dalam kondisi sangat rileks tentu akan mempersulit kegiatan dan aktivitas kita secara langsung bukan?

2. Makanan Tinggi Gula

Makanan dengan kadar gula tinggi pada pada prinsipnya akan membuat kadar gula darah menjadi naik. Jenis makanan yang tinggi gula ini biasanya berbentuk permen atau manisan buah-buahan.

Ketika tubuh mengonsumsi gula berlebih maka hal tersebut akan berdampak pada insulin tubuh terlepas hingga kadar gula tubuh juga akan menurun dengan ritme yang cepat

3. Makanan Tinggi Lemak

Mengolah makanan dengan cara menggoreng sebaiknya dibatasi. Karena gorengan akan berpotensi membuat tubuh kehilangan banyak energi saat memprosesnya di pencernaan. Ketika energi tersebut lepas maka kondisi tubuh kita menjadi sangat lemas.

4. Daging Merah 

Daging merah adalah makanan yang sulit dicerna. Selain itu, proses pencernaan daging merah yang masuk ke dalam sistem pencernaan juga membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Di proses pencernaan ini akan memakan banyak energi yang seharusnya bisa dipakai untuk beraktivitas. Karena proses usaha mencerna yang berlebih itulah yang kemudian membuat tubuh kamu menjadi lebih lemas.

5. Kafein 

Banyak orang berpikir bahwa minum kopi akan menghilangkan rasa lelah. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena kandungan kafein dengan jumlah yang agak berlebih justru membuat tubuh jadi cepat lelah.

Kafein ini jika terlalu banyak akan meningkatkan denyut jantung, tensi tekanan darah meningkat dan bahkan efek kejang bagi tubuh.

5. Junk Food

Meskipun instan dalam hal penyajian, namun kandungan nutrisi dalam junk food ini biasanya tidak sehat loh. Mereka yang terbiasa mengonsumsi junk food pada dasarnya akan lebih rentan dengan obesitas dan juga menjadi mudah lelah. (Sbg/Ary)

Comments