Bau Badan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Saat liburan tak jarang bau badan ataupun bau mulut  bisa muncul dari diri kita ataupun tercium dari rekan seperjalanan. Hal itu tentunya  mengganggu. bukan?

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus tahu beberapa hal yang bisa menyebabkan bau badan ataupun bau mulut tidak sedap saat sedang liburan. Berikut ulasannya:

BACA JUGA: Travel Light, Pilihan Tepat Liburan Anti Ribet

1. Dehidrasi

Saat liburan, Kamu bisa lho mengalami dehidrasi saat melakukan penerbangan, terlalu banyak berjalan atau lupa untuk minum air yang cukup. Nah, dehidrasi bukan hanya tidak sehat, juga menyebabkan bau napas yang tidak sedap.

Agar hal itu tidak terjadi, pastikan kamu mengonsumsi cukup banyak air saat kamu sedang dalam perjalanan.

Selain itu sebaiknya kamu jangan terlalu banyak minum kopi karena minuman berkafein juga bisa menyebabkan napas bau dan dehidrasi.

2. Sepatu

Saat kamu menggunakan sepatu yang sama setiap hari saat traveling, hal itu bisa menyebabkan bau pada kaki.Nah, coba deh kamu gunakan satu pasang dan simpan satu pasang lagi, sehingga kamu bisa berganti sepatu.

Jangan lupa untuk menggunakan kaus kaki yang menyerap keringat juga membantu mengurangi bau.

3. Stres

Liburan yang melelahkan dan membuat stres. Keringat yang disebabkan oleh stres bisa mengeluarkan bau  badan yang lebih tajam dibandingkan keringat biasa.

Ketika kamu sedang tegang, maka tubuhmu akan memproduksi keringat dari kelenjar apokrin yang menarik lebih banyak bakteri penyebab bau daripada keringat yang disebabkan oleh panas atau olahraga.

So, jangan lupa  membawa deodoran yang aromanya kuat terutama jika kamu akan menghadapi situasi yang menegangkan.

BACA JUGA: Travelling Tanpa Ponsel, Berani?

4. Sakit

Jika kamu terkena demam atau alergi, kamu akan menderita hidung tersumbat dan napas yang bau.

Bau napas tersebut disebabkan oleh cairan dalam hidung yang ada di bagian dalam mulutmu. Menjaga kesehatan selalu jadi pilihan utama.

Jika kamu sakit, pastikan untuk terus menyikat gigi, membersihkan mulut, dan mengunyah permen karet.

5. Makanan

Saat liburan baiknya perhatikan sejumlah tipe makanan soalnya ada lho beberap jenis makanan yang bisa memberikan efek terhadap bau badan seseorang.

Perhatikan makanan-makanan dengan bahan dasar dari tanaman seperti brokoli, brussel sprout, daging merah, ikan, makanan siap saji, yang bisa menyebabkan bau badan.

6. Melewatkan Waktu Makan

Saat kamu liburan pastikan untuk tidak telat makan ataupun  melewatkan makan siang Hal itu bisa membuatmu kelaparan dan bau mulut yang tidak sedap.

Kalau kamu tidak makan, hal itu bisa menyebabkan terganggunya zat kimia dalam tubuh yang dikenal sebagai Ketoacidosis.

Zat ini bisa menyebabkan mulut  jadi berbau tidak sedap. Atasi ini dengan selalu membawa makanan ringan sehat dalam perjalanan.

BACA JUGA: Ingin Menikmati Liburan di Musim Hujan, Siapkan Ini! 

7. Minuman

Tidak ada yang salah jika kamu ingin mencoba minuman lokal khas wilayah yang sedang kamu datangi.

Namun, perhatikan seksama yah gaes soalnya  jika kamu meminum terlalu banyak alkohol, maka itu akan berpengaruh pada bau badan tak sedap.(Sbg/Rig)

Comments