Baterai Smartphone
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Kamu punya pengalaman baru saja baterai smartphone di-charge, namun 5 menit kemudian baterai habis atau  sudah berkurang lumayan banyak. Padahal, kita belum main game, nonton film, atau ber-chatting ria melalui gawainya.

Mengapa bisa demikian? Yuk langsung kita simak nih sederet  penyebab utama baterai smartphone cepat habis:

1. Pengaruh Jaringan WiFi

Ketika smartphone sedang mencari jaringan WiFi atau bahkan sudah terkoneksi dan menggunakannya, secara tidak kita sadari daya baterai yang digunakan pun juga sangat besar.

So, jangan lupa untuk selalu menon-aktifkan koneksi WiFi / Hotspot apabila memang tidak digunakan.

BACA JUGA: Resah Smartphone Nggak Aktif, Waspada Nomophobia

2. Aplikasi yang Terus Aktif di Latar Layar.

Seringkali kita melihat smartphone yang layarnya dipenuhi oleh shortcut berbagai macam aplikasi (apps). Ditambah lagi setengah lebih diantaranya terus berjalan aktif di latar layarnya.

Nah faktor inilah yang juga kerap membuat daya baterai smartphone menjadi banyak berkurang.

Oleh karenanya apabila aplikasi sedang tidak digunakan, langsung saja matikan aktifitas latar layar dari aplikasinya. Dan sebisa mungkin, pasanglah aplikasi yang benar-benar penting saja.

3. Sinkronisasi Otomatis

Biasanya kalau smartphone kita  sukses tersinkronisasi, kita seringkali mendiamkan begitu saja agar kita tidak perlu repot mensinkronisasi ulang semuanya.

Padahal langkah praktis tersebut justru kurang tepat guys. Karena secara logika, fungsi ini akan terus berjalan alias aktif terlepas kita sedang tidak menggunakan e-mail. Alhasil, daya baterai smartphone akan terserap secara signifikan.

So, bila kita sedang tidak perlu banget, matikan saja fungsi sinkronisasinya atau rubah formatnya menjadi kendali sinkronisasi manual saja.

BACA JUGA: Hentikan Kebiasaan Mengecek Smartphone Saat Bangun Tidur

4. Software Versi Lama

Pastinya masih banyak dari kita yang masih sering cuek bebek untuk melakukan pembaruan (update) terhadap software program atau aplikasi-aplikasi yang ada di telepon.

Padahal justru update aplikasi atau software ini, memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap ketahanan daya baterai smartphone kita.

Karena seringkali, aplikasi versi lama memiliki ukuran memori atau konten yang jauh lebih besar yang alhasil membuat daya pemakaian baterai menjadi lebih “ganas”.

5. Sering Menggunakan Aplikasi Berat

Namanya saja aplikasi “berat”. Jadi aplikasi ini adalah tipe aplikasi yang ketika digunakan langsung memakan banyak daya baterainya.

Dan beberapa aplikasi yang tergolong dalam kategori ini adalah: Media sosial, GPS, kamera, dan tentunya games.

Untuk menghemat pemakaian baterai smartphone, gunakanlah aplikasi-aplikasi ini seperlunya saja.

6. Layar Terlalu Terang

Perlu diingat bahwa semakin terang tampilan layar (apalagi kalau sampai menyilaukan mata), maka semakin besar pula daya pemakaian baterai smartphone yang digunakan.

Lagipula bukankah kedua mata kita nantinya akan cepat rusak pula? Oleh karenanya aturlah sewajarnya saja ya guys!

BACA JUGA: Sederet Aplikasi Gaya Hidup Sehat Buat di Smartphonemu

7. Masalah Hardware

Apabila kamu sudah tidak menggunakan berbagai aplikasi yang berat ataupun main game namun, daya baterai smartphone  masih terus berkurang saja, bisa jadi masalah utama terdapat di perangkat keras (hardware) ponsel pintar kita.

So, langsung deh kamu cek ke tempat perbaikan terdekat dan kalau memang demikian, langsung saja diperbaiki seluruh perangkat kerasnya. (Sbg/Mrv)

Comments