Pekerja kantoran
Ada cara yang bisa dilakukan oleh para pekerja kantoran untuk mengembalikan mood kerja dan kebugaran tubuh, yaitu lewat power nap. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Umumnya para pekerja kantoran saat memulai aktivitas di kantor  pada Hari Senin ada setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan.

Hal itu tentunya menimbulkan rasa lelah. Namun, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan oleh para pekerja kantoran untuk mengembalikan mood kerja dan kebugaran tubuh, yaitu lewat power nap.

Apa itu power nap bagaimana manfaatnya buat para pekerja kantoran simak ulasan berikut ini akan menambah wawasanmu dan bisa kamu lakukan di sela-sela rutinitas kerja.

BACA JUGA: Kurang Tidur Bikin Kehidupan Seksualmu Menurun! 

Mengenal Power Nap

Istilah power nap pertama kali diperkenalkan oleh seorang psikolog sosial Cornel University bernama James Maas.

Power nap dimaksudkan sebagai  aktivitas tidur siang singkat dengan durasi sepuluh hingga 20 menit.

Ketika kamu melakukannya dengan tepat, stamina tubuh dan mood akan meningkat secara drastis. Sehingga kamu siap melanjutkan aktivitas kerja saat bangun tidur.

BACA JUGA: Sulit Tidur Karena Pikiran Penuh? Begini Cara Mengatasinya 

Nah kamu bisa melakukan power nap dengan memanfaatkan Waktu istirahat makan siang.

Sebagai pekerja kantoran, kamu perlu ragu melakukannya karena waktu istirahat bisa dimanfaatkan untuk aktivitas apa pun.

Awali waktu istirahatmu dengan tidur siang singkat. Selanjutnya, kamu bisa menyantap makan siang setelah bangun tidur.

Jika kamu ingin melakukannya secara efektif, pilihlah ruangan yang dingin, gelap, dan tenang.

Karena suasana tersebut akan membuat rasa kantuk lebih cepat datang. Tidur nyaman dalam waktu singkat pasti lebih berkualitas daripada tidur panjang yang penuh gangguan.

Selain itu, jangan lupa memasang alarm untuk membangunkan Anda secara tepat waktu. Anda pun tak perlu khawatir kebablasan tidur saat jam istirahat kerja.

BACA JUGA: Ragam Manfaat yang Kamu Dapat Bila Tidur Tanpa Bantal 

Ragam Manfaat Power Nap

Dilansir dari laman Sleepfoundation.org menyatakan manfaat , tidur siang singkat membuat kita lebih teliti dan cermat, meningkatkan performa kerja, mengurangi kesalahan dan kecelakaan.

Tidur siang juga memiliki manfaat psikologi; seperti liburan mini yang menimbulkan rasa senang; tidur siang juga membuat kita rileks dan bisa memulihkan tubuh yang lelah.

Sementara menurut Dr. Sara C. Mednick, penulis  buku ‘Take a Nap! Change Your Life‘ menjelaskan tidur siang membuat otak dan pikiran kita lebih segar. Kita juga bisa lebih kreatif. Menurut Sara, tidur siang mengembalikan sensitivitas terhadap pendengaran, rasa dan cahaya.

BACA JUGA: Kelima Hal ini Jadi Manfaat saat Kamu Tidur Tanpa Busana

Nah sebuah jurnal di Scientific American menyebutkan tidur membuat suasana hati lebih baik, termasuk daya ingat dan reaksi kita terhadap waktu. Tidur membuat kita menjadi fit.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal ilmiah eLife,  juga mengungkapkan bahwa kelompok tidur singkat akan mengalami aktivitas besar dari hippocampus, area kecil dari otak yang penting untuk mempertajam ingatan.

Power nap jelas membuat kamu lebih fokus, mengembalikan energi, mempertajam otak dan yang terpenting membuat para pekerja kantoran tetap waras.(Sbg/Rig)

Comments