Berbicara Positif
Kemampuan berbicara positif sangat penting untuk menuju tangga sukses. Terlebih buat kamu yang tengah meniti karir di dunia kantoran ataupun di dunia wirausaha. (Pixabay)

Sabigaju.com – Tanpa disadari banyak orang yang melupakan hal-hal sederhana namun sebenarnya mampu meningkatkan kemampuan diri dan kesempatan untuk sukses. Salah satunya adalah kemauan dan kemampuan berbicara positif

Kemampuan berbicara positif sangat penting untuk menuju tangga sukses. Terlebih buat kamu yang tengah meniti karir di dunia kantoran ataupun di dunia wirausaha.

Mengapa kemampuan berbicara positif begitu penting. begini ulasannya.

BACA JUGA: 

Ingin Performa di Kantor Lebih Produktif, Lakukan 3 Hal Ini 

Berbicara Hal Negatif Membuatmu Kurang Menarik

Sikap pesimis dan negatif adalah hal yang kurang menarik. Anda tak bisa melihat segala hal dari sisi negatif.

Walau bagaimanapun, menjadi orang yang positif lebih banyak manfaatnya. Untuk lebih positif, Anda harus mencoba mengubah fisik dan pikiran jadi lebih baik, mengeksplorasi sisi kreatif, berada di lingkungan orang-orang positif, dan jangan lupa bersenang-senang.

BACA JUGA: Bergosip di Kantor, Pantang Ikutan Men! Begini Cara Menangkalnya

Gunakan Bahasa Tubuh

Hal  lain yang bisa dilakukanmu untuk belajar berbicara positif adalah dengan  mulai dari hal yang paling dasar yaitu mengenai bagaimana tubuhmu ikut berkomunikasi.

Jaga bahasa tubuh, seperti selalu tersenyum, kontak mata, berdiri tegak, dan berpenampilan baik. Gestur dan bahasa tubuh menjadi penting karena bisa menstimulasi kamu untuk berbicara hal-hal yang lebih positif.

Kamu harus memahami bagaimana cara berekspresi, posisi tangan saat berbicara, pundak yang kokoh, dan kontak mata yang dibutuhkan untuk meyakinkan lawan bicara.

Jika kamu sudah berhasil menerapkan kebiasaan ini, maka apa yang kamu bicarakan akan terdengar lebih powerful bagi lawan bicara.

BACA JUGA: Kenali Toxic Employee, Karyawan Beracun yang Bikin Kantor Jadi Runyam

Gunakan Bahasa yang Bermakna Positif

Untuk memiliki kemampuan berbicara positif maka kamu harus membiasakan diri dan sebisa mungkin untuk menghindari kalimat-kalimat negatif seperti, “Saya tidak bisa,” atau “Pekerjaan ini sulit…”. Jangan khawatir bila Anda belum terbiasa karena berbicara positif

Itu sebabnya saat berbicara mengenai apa yang tidak bisa Anda lakukan, maka itulah hal yang membuat kamu sulit meningkatkan kemampuan diri lebih optimal.

Kata-kata negatif seperti “Saya tidak bisa, saya tidak mau, saya membutuhkan …” sebaiknya mulai dikurangi dan diganti dengan “Saya bisa melakukan itu” atau “Saya akan melakukan itu”.

BACA JUGA: Boleh Punya Sikap Bangga, Dijangkiti Rasa Sombong Mah Jangan!

Mengubah Masalah Menjadi Kesempatan

Di saat kamu berbicara soal masalah kepada orang lain, ingatlah hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah.

Orang-orang yang berhasil dengan pencapaian hidupnya ternyata mengalami banyak masalah dan itu sungguh menguntungkan.

Sebab setiap ada masalah mereka mengganti kata “masalah” menjadi “peluang” dan menganggap masalah sebagai tantangan menarik yang harus diselesaikan.

So, buang jauh sikap pesimis dan negatif. Menjadi orang yang bisa berbicara positif lebih banyak manfaatnya deh.(Sbg/Rig)

Comments