Sabigaju.com – Beberapa kantor di Jakarta terdapat sejumlah kasus Klaster Corona karena menjadi sumber penularan Covid-19. setelah ada program bekerja dari kantor kembali dimulai.

Klaster kantor mulai bermunculan di Indonesia belakangan ini patut mendapatkan perhatian banyak pihak.

Jika kondisi ini tidak diantisipasi selekasnya, penyebaran corona di kantor sangat berbahaya, dan memukul perekonomian nasional. Ini karena perkantoran posisinya sangat vital lantaran di dalamnya terdapat tenaga-tenaga kerja profesional yang menggerakkan roda perekomian.

BACA JUGA: Jangan Gampang Emosian di Kantor Saat New Normal

Dugaan Penularan

Penularan di kantor bisa terjadi tidak hanya karena sirkulasi udara di dalam kantor yang buruk. Saat WHO mengumumkan bahwa virus corona dapat menular lewat udara, perkantoran menjadi salah satu tempat yang harus diwaspadai.

Untuk itu, pelaksanaan kegiatan rapat atau pertemuan harus berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Rapat atau pertemuan digelar pada pagi hari dengan jendela terbuka untuk memastikan udara berganti dengan baik

Mengenakan masker saat di kantor
(Foto: freepik.com)

Tapi tak hanya itu. Penularanvirus di kantor  bisa terjadi karena faktor kepadatan di dalam kantor. Yaitu saat banyak orang berada dalam satu ruangan dan mereka berdekatan. S

elain itu beberapa orang juga menurunkan kewaspadaannya akibat merasa aman berada di tengah rekan kerja yang dikenal. Masker jadi tidak dipakai dan sebagian menghabiskan waktu istirahat makan siang untuk ngobrol bersama-sama.

Berikut 10 tips yang dapat kamu lakukan untuk mengantisipasi penularan virus corona saat bekerja di kantor:

1. Pakai Masker dan Jaga Jarak

Jaga jarak saat bekerja di Kantor
Foto: Freepik.com)

Kita harus memperhatikan betul pengaturan tempat kerja, sehingga physical distancing atau menjaga jarak bisa dilaksanakan sekalipun sudah berada di kantor tetap menggunakan masker dengan benar selama bekerja di kantor

Jangan samapai kita Kurang disiplin dalam menjaga jarak  dengan rekan kerja di kantor lantaran  menganggap, teman sudah akrab.

2. Rajin Cuci Tangan

Tangan yang merupakan anggota butuh dapat menjangkau semua anggota tubuh lainnya sehingga sangat menentukan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan untuk memastikan tangan tetap bersih maka kamu perlu siap sedia hand sanitizer di dalam tas atau ditempat kerja.

Cuci Tangan tetap dilakukan sambil berhemat air
(Foto: Freepik.com)

Agar terhindar dari virus corona adalah rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun yang mengandung antiseptik selama 30 detik untuk menangkal berbagai virus dan bakteri patogen.

BACA JUGA: Ramai-ramai Bawa Bekal Makanan di Era New Normal 

3. Bawa Bekal dari Rumah atau Beli  di Kantin yang Bersih dan Higienis

Kamu dianjurkan untuk membawa bekal dari rumah atau jika tidak sempat masak cukup membelinya di kantin (higiene sanitasi kantin).

membawa bekal makanan ke kantor kini bagai tren di er new normal
(Foto: Freepik.com)

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan makanan yang masuk ke dalam tubuh terbebas dari kontaminasi virus atau bakteri patogen yang dapat melemahkan daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh yang kuat dapat membentengi tubuh dari virus atau dengan kata lain, virus hanya menyerang sistem imun yang rendah. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.

4. Jangan Menyentuh Wajah

Anggota tubuh yang dapat menjangkau area wajah khususnya mata, hidung dan mulut adalah tangan.

Oleh karena itu, setelah menggunakan atau menyentuh peralatan kantor yang bersifat umum sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum memegang wajah.

BACA JUGA: Makan Siang Sendirian Pilihan Waras Buat Pekerja Kantoran 

5. Hindari Berbagi Penggunaan Barang Pribadi  dengan rekan Kerja di Kantor

Umumnya karyawan sebelum datang ke tempat kerja harus melewati beberapa daerah dan kerumunan orang selama di perjalanan. Karyawan tersebut tidak dapat dijamin terbebas dari kontaminasi virus.

Untuk meminimalisir karyawan lain terinfeksi virus yang dibawa dari luar adalah menghindari berbagi penggunaan barang pribadi seperti tempat minum, sendok, dan lain sebagainya.

sebaiknya Barang pribaditidak digunakan bersama saat bekerja di kantor di masa pandemi
(Foto: freepik.com)

Selain itu Peralatan kantor yang sering digunakan selama bekerja seperti laptop, telepon kantor, telepon genggam, dan sebagainya harus secara rutin dibersihkan.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan karyawan agar dapat menangkal virus dan bakteri patogen masuk ke dalam tubuh. (Sbg/Rig)

Comments