Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 pada 5 April-27 April 2018 sudah dibuka untuk para calon mahasiwa perguruan tinggi. (Foto: Pixabay)
Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 pada 5 April-27 April 2018 sudah dibuka untuk para calon mahasiwa perguruan tinggi. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 pada 5 April-27 April 2018 sudah dibuka untuk para calon mahasiwa yang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.

“Mulai pagi ini, siswa yang ingin mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bisa melakukan pendaftaran melalui lama SBMPTN,” kata Prof Ravik Karsidi, Ketua Umum Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN, Kamis (5/4) dilansir dari kantor berita dari Antara.

Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara daring dan bisa dilakukan melalui laman resmi SBMPTN. Sedangkan tata cara pengisiannya bisa diunduh di laman unduhan SBMPTN sejak tanggal 29 Maret 2018 lalu.

Pahami Studi yang Akan Dipilih

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi meminta siswa yang ingin mengikuti seleksi SBMPTN memahami panduan pendaftaran dan mengetahui program studi yang akan dipilih.

“Pada hari pertama pendaftaran ini, kami berharap siswa betul-betul memahami prosedur pendaftaran serta mempunyai pemahaman yang baik mengenai program studi yang akan dipilih,” kata Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Intan Ahmad di Jakarta.

Dia menambahkan siswa harus mengetahui benar program studi dan perguruan tinggi yang diinginkan sebelum melakukan pendaftaran.

Biaya Resmi untuk Peserta SBMPTN 2018

Untuk biaya seleksi yang dibebankan pada peserta adalah sebesar Rp200 ribu melalui metode transfer ke bank Mandiri, BNI, dan BTN.

Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun.

Penyelenggaraan ujian UTBC dan UTBK akan dilakukan pada 8 Mei 2018. Sedanggkan ujian keterampilan dilakukan pada 9 Mei dan atau 11 Mei 2018 mendatang.

Beberapa materi ujian tulis yang dites di SBMPTN dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama yakni bidang Sains dan Teknologi. Ujian meliputi Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sains (TKD) Saintek.

Kemudian, kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum. Kelompok terakhir adalah ujian campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Pengumuman hasil tes SMBPTN akan diumumkan pada Selasa (3/7) pukul 17.00 WIB di laman resmi pengumumannya. (Sbg/Rig)

Comments