Kita perlu mengasah skill baru untuk menemukan pendapatan baru saat masa pandemi ini
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Di masa pandemi Covid-19 ini begitu banyak orang mengalami penurunan pendapatan, bahkan kehilangan pekerjaan. Tidak hanya kelompok masyarakat di lapisan bawah, dampak pandemi terhadap ekonomi dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selain berhutang dan membuka tabungan, banyak orang yang mulai berusaha memenuhi kebutuhannya dengan menjual berbagai barang atau makanan. Usaha mencari sumber pendapatan baru ini disarankan agar dilakukan masyarakat, terutama bagi mereka yang sama sekali tak berpenghasilan di kala pandemi Covid-19.

Kini kita dituntut untuk membangun skill-skill baru yang akan membantu datangnya pendapatan baru di waktu mendatang, ataupun untuk bertahan di tengah pandemi.

BACA JUGA: Nih, Skill Bertahan di Dunia Kerja Meski IPK Pas-pasan

Skil Dunia Digital

Masa Pandemi membawa banyak perubahan dalam kehidupan dan terjadi transformasi digital yang sangat besar.

Oleh karena itu, salah satu karakter terbesar yang bisa membantu seorang karyawan bertahan di masa pandemi adalah kemampuan memahami teknologi, dan membuat kerja mereka lebih efektif dengan teknologi.

Kini waktunya bagi kamu untuk memperdalam skill video, desain produ, copywriting   atau script serta mengedit video guna membuka peluang sumber penghasilan baru.

Bahasa Asing dan Public Speaking

Ada banyak perubahan dalam kehidupan setelah munculnya pandemi. Bahkan, perubahan ini juga akan berlanjut pada kehidupan pasca-pandemi.

Peluang pendapatan baru bisa ditemukan dengan menguasai berbagai bahasa asing  Kamu dapat memanfaatkan waktu luang selama #dirumahaja dengan belajar bahasa asing yang belum dikuasai.

Belajar bahasa pun kini diubah formatnya menjadi kelas online. Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform untuk mengasah kemampuan bahasa asing yang kamu miliki. Jangan sia-siakan kesempatan ini ya!

BACA JUGA: Dirumahkan Saat Pandemi, Waktunya Asah Keterampilan!

Kemampuan Media Sosial

Di masa pandemi Corona  media sosial menjadi begitu penting  untuk dapat berinteraksi dengan khalayak. Ini Bisa menjadi peluang untuk pendapatan baru lho gaes.

Nah kamu perlu mengasah kemampuan mengoptimalkan peran media sosial untuk membangun kesuksesan sebuah perusahaan atau branding

So, mulai sekarang cobalah untuk menggunakan medsos gak sekadar untuk eksis, tetapi juga untuk berlatih pengelolaan digital marketing.

Mengingat saat ini kebanyakan aktivitas dilakukan secara online, tentu bukan hal yang sulit meningkatkan skill ini di tengah situasi sekarang bukan?

Kuncinya Beradaptasi

Kunci agar menemukan pendapatan baru di masa pandemi ini kalian harus mudah beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada.

Dengan beradaptasi, maka pekerjaan yang kalian lakukan juga tidak akan terasa berat dan akan lebih mudah dihadapi.

Jika memang mengharuskan adanya penggunaan teknologi baru, maka kalian harus rajin-rajin mencari informasi mengenai teknologi tersebut.

BACA JUGA: Kena PHK Massal, Kamu Udah Siap? 

menurut Roy Cohen, pelatih karier dan penulis terlaris “The Survival Street Professional’s Wall Guide,” berbagi dengan The Ladders tentang keterampilan karier

Cohen mengatakan kemampuan beradaptasi bukan hanya keterampilan karier tetapi strategi kehidupan umum yang sangat penting di masa pandemi ini.

“Di dunia di mana perubahan terjadi pada kecepatan yang lebih cepat dari sebelumnya, kita semua harus mau, mampu, dan bahkan bersemangat untuk mengubah arah tanpa merasa kekurangan. atau marah,” kata Cohen

Beradaptasilah dengan meningkatkan skill. Jangan sampai tergilas roda perubahan. (Sbg/Rig)

Comments