Virus Corona
(Foto: .xinhuanet.com)

Sabiagju.com – Kabar soal wabah virus Corona semakin meresahkan. Berawal dari sebuah kota di Tiongkok, Wuhan, virus ini menyebabkan banyaknya korban sakit hingga meninggal dunia. Tak hanya di kota tersebut, tapi bahkan di beberapa negara belahan dunia.

Jumlah korban jiwa akibat virus corona yang pertama kali menyebar di Wuhan, Hingga hari ini Selasa (04/02/2020), terdapat 426 orang meninggal dunia akibat virus tersebut. Perinciannya yakni 425 di China dan seorang lainnya di Filipina.

Bak kota mati, Wuhan juga masih terisolasi. Bahkan beberapa negara juga melarang penduduk Tiongkok masuk ke wilayah negaranya.

Namun yang tak kalah meresahkannya adalah kabar burung yang entah bagaimana kebenarannya. Misalnya saja isu senjata biologis.

Warga dunia sempat panik, bahkan WHO sudah menetapkan kasus virus corona ini sebagai fenomena darurat. Sebetulnya, dari sini kita bisa mengambil beberapa pelajaran. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Rasisme Dibalik Merebaknya Virus Corona, Sungguh Ironis 

1. Edukasi soal penyakit menular

Di dunia ini ada banyak sekali penyakit menular. Beberapa di antara tak membahayakan nyawa, tapi sebagian lainnya ya. Itu sebabnya, ketika ada isu epidemi wabah seperti ini, kita harus segera mencari informasi soal bagaimana pencegahan dan pengobatannya.

Walau vaksin dari virus Corona belum ditemukan, ada baiknya kita mencari tahu apa saja yang bisa kita lakukan sebelum terkena dampaknya.

2. Menjaga Kesehatan

Kesehatan itu mahal harganya. Ketika sehat, kita seringkali lupa bahwa kita juga bisa sakit kelak.

Sering mengonsumsi makanan yang tak sehat, kebiasaan buruk dan jarang berolahraga membuat kita rentan terhadap penyakit.

BACA JUGA: Lima Superfood yang Menjaga Tubuhmu di Musim Hujan

3. Menjaga Makanan yang Dikonsumsi

Seperti yang kita ketahui, virus Corona awalnya berasal dari kebiasaan orang Wuhan mengonsumsi makanan yang tak higienis dan tak lazim. Misalnya saja ular dan kelelawar.

Sebaiknya kita menghindari jenis makanan yang memang belum diketahui kandungan gizinya. Apalagi jika dari penyajian dan penampilannya saja tidak higienis.

4. Tidak Gampang Termakan Isu Hoaks

Ini juga perlu kita waspdai. Saat ada fenomena yang sedang viral, seringkali tersebut isu yang tidak teruji kebenarannya.

Nah, sebagai kaum millennial yang sudah semestinya lebih pintar soal teknologi, kita harus melakukan validasi soal kebenarannya.

Beberapa isu soal senjata biologis atau video para korban terserang yang tampak seperti zombi juga ternyata hoaks, Sob. Jangan ikut cemas apalagi sampai menyebarkan keresahannya.

BACA JUGA: Agar Imun Tetap Bagus Saat Musim Hujan, Begini Caranya

5. Tetap Tenang Namun Waspada

Yes, kita memang patut waspada namun harus tetap tenang. Merasa cemas berlebih membuat kita malah tak bisa jernih dalam berpikir. Termasuk berpikir harus apa dan menyaring apa saja informasi yang benar.

Itu dia sih, pelajaran yang bisa kita ambil dari epidemi wabah virus Corona ini. Semoga kasus ini cepat terselesaikan dan kita semua tetap terlindungi kesehatannya ya. (Sbg/Dinda)

Comments