WHO mengeliarkan pedoman Mengenakan Masker yang terbru
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Masker sepertinya akan jadi ikon fashion yang booming pada tahun ini dan tahun selanjutnya. Memakai masker memang sudah jadi kebutuhan, terlebih sejak pandemi berlangsung.

Masker juga punya macam gaya sekarang. Selain amssker medis, ada masker kain dengan ragam motif, masker hijab dan masker scuba ala orang Korea.

Kamu juga mungkin punya stok masker beragam di rumah. Tapi World Health Organization atau WHO baru saja merilis pedoman masker terbaru. Coba dicek, apakah penggunaan masker kamu sudah benar?

BACA JUGA: Ketika Pandemi Corona Berubah Jadi Endemi, Harus Apa Kita? 

Masker Medis Diprioritaskan untuk Mereka yang Berada di Garda Terdepan

Yes, kalau ini kamu sudah pasti tau. Masker medis alangkah baiknya diberikan pada mereka tenaga medis dan orang yang sering kontak langsung dengan pasien atau orang dalam pantauan (ODP).

Kalau kamu punya rezeki lebih, alangkah baiknya memberikan masker medis pada mereka daripada digunakan sendiri. Karena sudah langka dan mahal, masker ini sangat mereka butuhkan.

BACA JUGA: Bersiap Menyongsong Fase New Normal

Masker Medis untuk Lansia dan Punya Penyakit Komplikasi

Untuk mereka yang sudah berusia 60 tahun ke atas dan punya penyakit komplikasi, masker medis juga sangat dibutuhkan jika tidak memungkinkan melakukan physical distancing. Pastikan orang tua di rumah terjaga ya.

Menggunakan Masker Ketika di Ruang Public

Yang ini juga kamu pasti sudah tau ya. Saat masa new normal nanti, kamu kemungkinan besar akan beraktivitas kembali di luar rumah.

Nah, saat nanti kamu beraktvitas dan ada di tempat umum, kamu sangat dianjurkan memakai masker. Entah itu kantor, pasar, dan transportasi umum.

BACA JUGA: Apakah Aman Kembali Sekolah di Masa New Normal?

Masker Kain

Nah, yang ini nih yang sangat update dan penting banget. Karena kita sekarang sedang banyak pakai masker kain, kamu harus perhatikan hal ini.

Masker kain, menurut WHO yang didasarkan pada riset, harus sesuai dengan standar, yakni tentang penggunaan material kainnya. Material kain yang digunakan harus tiga lapis dengan material yang berbeda. Nah loh, apakah masker kamu sudah benar?

Itu dia beberapa pedoman baru dari WHO terkait pemakaian masker selama masa pandemic. Walau begitu, masker tidak bisa dijadikan satu-satunya pencegahan terhadap penyebaran COVID-19.

Kamu tetap harus menjaga kebersihan tangan dan dilarang menyentuh wajah. Pastikan juga kamu mengonsumsi makanan bergizi agar imunitas tubuh terjaga ya! (Sbg/Dinda)

Comments