Yon Koeswoyo salah satu pendiri Koes Plus meninggal dunia pada Jumat (5/1). Saat ini Jenazah disemayamkan di rumah duka di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan. (Foto Instagram ree17han)

Sabigaju.com – Legenda musik Indonesia, penyanyi sekaligus pemain gitar band Koes Plus, Yon Koeswoyo meninggal dunia, Jumat (5/1) sekitar pukul 05.50 WIB. Yon Koeswoyo dalam usia 77 tahun.

Yon Koeswoyo merupakan anggota dari grup band legendaris yang meramaikan industri musik di tanah air, Koes Bersaudara dan Koes Plus.

Pria bernama asli Koesyono Koeswoyo ini merupakan salah satu personel yang mencoba terus mengibarkan nama bandnya hingga akhir hayatnya.

Di masa jayanya karya-karya Koes Plus menjadi primadona dan incaran para produser rekaman. Lagu-lagunya yang sederhana membuat Koes Plus begitu digandrungi para pecinta musik di tanah air.

Duka Keluarga Atas Kepergian Yon

Kepergian Yon pun membuat keluarga besar shock. Apalagi sebelumnya, keluarga masih berkumpul di dekatnya untuk membujuknya pergi ke rumah sakit. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Chica Koeswoyo, yang merupakan anak tertua dari Nomo Koeswoyo.

“Tadi pagi itu anak tertua om Yon, beri kabar bahwa ayahnya tersengal-sengal napasnya. Itu pukul 02.00. Akhirnya saya dan anak saya memutuskan untuk ke sini, kami mencoba untuk membujuk ‘ayo ke rumah sakit lagi’ karena sebenarnya om Yon ini sekitar seminggu lalu sudah dirawat di RS Medika BSD. Tapi setelah 5 hari dia minta pulang, dia tanda tangan sendiri surat keluar RS karena dia mau pulang,” ungkap Chica saat ditemui di rumah duka di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan

Namun rupanya Yon itu tetap kekeh tidak mau dibawa ke rumah sakit. Chica mengaku dirinya terhenyak dengan kabar kepergian Yon yang hanya selang beberapa saat dirinya tiba dirumah.

“Pas saya pulang belum sempat salat subuh, udah wudhu, sekitar jam 5 lewat, tiba-tiba mas Gerry (anak Yon) teriak-teriak (di telepon) kalau papa udah enggak ada,” lanjut Chica sambl menahan tangis.

Jenazah almarhum Yon Koeswoyo, menurut rencana dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada Sabtu (6/1/2018). Keputusan itu diambil karena menunggu putranya yang bernama David yang tengah berada di Raja Ampat, Papua.

“Dimakamkan besok di Tanah Kusir, pagi,” ucap Garry.

Sebelumnya pada 2016 silam, saat Koes Plus manggung reuni, Yon mengaku dirinya sedang berjuang melawan sakit di tubuhnya. Salah satunya karena sesak napas yang diakibatkan kebolongan paru-paru.  (Sbg/Rig)

Comments