clingy

Sabigaju.com – Ingin diperhatikan oleh pasangan sendiri adalah hal yang wajar dalam suatu hubungan asmara. Selain itu, selalu merasa ingin menghabiskan waktu bersama pasangan juga bukanlah hal yang aneh. Namun, beda cerita jika ingin selalu diperhatikan dan nempel terus dengan pasangan, itu sudah berlebihan.

Menurut Psychology Today, sikap ketergantungan adalah orang yang mudah lengket dengan orang lain dan membutuhkan perhatian secera berlebihan yang berujung pada sikap clingy. Clingy atau lekat. Sikap ini bisa membuat pasangan kamu ngeri. Karena merasa selalu diikuti dan ruang geraknya terbatas. Semua waktunya dihabiskan bersama kamu dan selalu mengharapkan dia dapat diandalkan.

Penyebab Clingy

Ada beberapa sebeb yang membuat seseorang memiliki sikap ini, salah satunya adalah minder atau kurang percaya diri. Orang clingy biasanya tidak memiliki banyak teman mungkin itu karena rasa kurang percaya dirinya.

Tanda-Tanda Si Dia Clingy

Mereka adalah orang yang terobsesi dan ingin selalu dekat dengan orang lain, baik teman maupun pacar dengan cara yang menjengkelkan. Dia akan selalu menanyakan kabar, cemas atau gelisah jika tidak diajak dan merasa takut ditinggalkan.

Selain itu ada beberapa tanda lainnya yang dapat kamu kenali, sebagai berikut:

1. Tidak berhenti menanyakan kabar

Menanyakan kabar sekali dua kali ke pasangan tidak masalah agar pasanganmu tidak merasa diinterograsi setiap harinya. Sehingga percakapan kamu dengan pasangan berjalan alami dan menjadi spesial di setiap waktunya. Cobalah mulai kendalikan dirimu untuk berpikir positif dan percaya kepadanya. Jangan mudah marah apalagi jika pasanganmu lama membalas chat.

2. Membatasi ruang geraknya

Orang clingy biasanya kesal jika pasangan menghabiskan waktu dengan keluarga atau temannya untuk sekadar hang out dan bergaul tanpa kamu. Mereka juga butuh bersosialisasi dengan orang lain. Ingat, urusan dia bukan hanya kamu loh.

3. Terlalu ikut campur

Sebagai pasangan yang baik tentu ingin membantu pacarnya dalam memecahkan masalah. Namun, jangan memaksa jika pasanganmu enggan bercerita mengenai masalah yang sedang merundungnya. Terlalu ikut campur dan selalu ingin dilibatkan dalam persoalan hidup pasangannya adalah salah satu ciri yang harus diperhatikan.

4. Curiga dan cemburu berlebihan

Pasangan dengan kecenderungan ini, biasanya tidak suka jika pasangan kumpul dengan teman-temannya. Apalagi jika dia mengetahui ada teman wanitanya. Cobalah untuk benar-benar mengizinkan pasanganmu main keluar dan percaya padanya. Jjika dia memang memilih kamu sebagai  pacar berarti kamu yang terbaik untuknya.

5. Tidak mandiri

Ada beberapa pria yang menyukai wanita manja. Mereka merasa dimiliki dan dapat membuat kamu bahagia. Tapi orang clingy biasanya menyusahkan pacarnya, baik dalam hal kecil atau besar. Tidak mampu mengurusi dirinya sendiri, dengan kata lain apa-apa meminta atau menyuruh pasangan.

6. Harus selalu ditemani

Menemani kemana pun kita mau, sering membuat jengkel pasangan. Pacar clingy tidak mau kemana-mana sendiri dan harus selalu ditemani oleh pasangannya.

Cara Mengatasi Clingy

Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai dari tidak menerornya melalui chat yang bertubi-tubi. Mengatur emosi diri sendiri dengan mengurangi rasa khawatir yang berlebihan jika dia sedang ada urusan. Mulailah membangun hubungan baik dengan teman dan orang-orang dilingkungan sekitar. Kamu juga bisa menyibukkan diri dengan aktifitas baru bersama teman-teman. (Sbg/Aq)

Comments