Libido
(Sumber Foto: medicalnewstoday.com)

Sabigaju.com – Parahnya polusi udara di Kota Jakarta belakangan ini menjadi topik pembicaraan netizen dan masyarakat di berbagai lini media sosial.

Terlebih dalam beberapa kesempatan polusi udara di kota Jakarta menempati  urutan teratas di dunia bahkan di saat  akhir pekan seperti pada  hari minggu (28/7).

Yup dampak buruk polusi terhadap kesehatan pun kini menjadi bahasan. Mulai dari potensi serangan paru-paru hingga menurunkan kecerdasan.

Nah ternyata polusi udara juga dapat menurunkan libido alias gairah seks pada pria. So, Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Dampak Polusi Udara, Bikin Kecerdasan Menurun

Penelitian Polusi Sebabkan Menurunnya Libido

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Dalmia Medicare menemukan hubungan antara polusi udara dengan gairah seks alias libido.

Penelitian tersebut melibatkan pria berusia 30-40 tahun asal Delhi, India, untuk menganalisis seberapa besar pengaruh polusi terhadap jumlah sperma dan libido.

Setelah diteliti, sebanyak 63% pria diketahui memiliki jumlah sperma kurang dari 10 juta per mililiter (ml) air mani. Padahal, jumlah sperma yang normal adalah sekitar 20 juta/ml air mani.

BACA JUGA: Kuliner Super untuk Menghadapi Polusi Udara Jakarta 

Para ahli juga menemukan bahwa responden mengalami penurunan gairah seksual akibat sering terpapar polusi udara. Hal ini terlihat dari kadar hormon testosteronnya yang merosot di bawah 300-350 nanogram per desiliter (ng/dl). Jumlah hormon testosteron normal adalah sekitar 300-1.200 ng/dl.

Hormon testosteron adalah hormon seks pada pria yang bertugas untuk memproduksi sperma dan mempertahankan libido.

Jika kadar testosteronnya rendah, maka secara otomatis jumlah sperma yang dihasilkan pun sedikit. Gairah seks pria pun juga ikut menurun.

BACA JUGA: Rahasia Tentang Gairah Seksual Pria, Hal Ini Sangat Menentukan Lho! 

Meracuni Sperma Pria

Para ahli masih belum tahu pasti mengapa dampak polusi udara bisa menurunkan gairah seks pria. Namun, para ahli menduga ada kaitannya dengan jenis dan ukuran partikel polutan yang masuk ke tubuh.

Polutan yang berukuran sangat kecil dapat dengan mudah menembus masker dan masuk ke dalam tubuh. Partikel-partikel tersebut kemudian akan mulai mengganggu saluran pernapasanmu.

Akibatnya, tubuh akan reflek memberikan respon dengan batuk maupun bersin untuk mengeluarkannya.

BACA JUGA: Masalah Psikologis yang Bisa Membuat Pria Kehilangan Gairah Bercinta 

Sayangnya, tidak semua polutan berhasil dikeluarkan dari tubuh. Dalam jangka panjang, polutan tersebut dapat terus masuk ke dalam aliran darah dan menghambat penyebaran oksigen ke alat kelamin – dalam hal ini Mr.P.

Semakin sedikit aliran oksigen ke area Mr. P, maka pria akan semakin sulit ereksi dan tidak bergairah untuk berhubungan intim.

So mari perangi polusi  agar Libido bisa tetap prima!(Sbg/Rig)

Comments