Sabigaju.com – Pemeluk agama Islam tidak hanya berada di dunia kita saja, namun di dunia komik pun ternyata ada karakter-karakter superhero muslim alias tokoh pembela kebenaran yang beragama Islam.

Berbagai sosok karakter superhero muslim ini beraksi tidak hanya mengandalkan kekuatan super mereka saja, namun mereka juga tetap menunjukkan keislaman mereka dalam beraksi menghadapi kekuatan jahat.

Karakter Superhero muslim rupanya mencakup karakter dari komik Marvel dan komic DC. Yuk, simak para superhero muslim yang siap menghadapi kekuatan jahat.

1. Kamala Khan Alias Ms Marvel

Dalam komiknya, julukan Ms. Marvel awalnya disandang oleh Carol Danvers, karakter yang akhirnya punya julukan Captain Marvel. Setelah itu, gelar Ms. Marvel jatuh kepada beberapa wanita sampai akhirnya lama dimiliki oleh remaja wanita muslim bernama Kamala Khan.

Kamala Khan sendiri sempat menjadi murid Captain Marvel sejak muncul perdana di komik pada 2013. Ia juga pernah diadaptasi ke dalam serial animasi Avengers Assemble dan akan beraksi di film animasi Marvel Rising: Secret Warriors.

Kamala Khan alias Ms. Marvel
Kamala Khan alias Ms. Marvel

Kamala Khan adalah anak bungsu dari dua bersaudara keluarga tradisional Pakistan yang tinggal di New Jersey. Meskipun terikat akar tradisionalnya, Kamala adalah remaja Amerika yang unik. Ingin menjadi dirinya sendiri, tetapi juga masih ingin membuat keluarganya bangga. Selama beberapa tahun, Kamala adalah fans berat superhero terutama Carol Danvers yang kini menjadi Captain Marvel.

Pada sebuah pesta SMA, Kamala memutuskan untuk mencoba berbaur dengan “teman-teman gaul”-nya, di mana Kamala akhirnya menyadari hal itu tak cocok dengannya. Dia meninggalkan pesta tiba-tiba dan dalam perjalanan pulang ia diselimuti oleh Terrigen Mist yang lepas saat kejadian Infinity. Hal ini mengungkapkan bahwa Kamala merupakan keturunan dari Inhumans. Setelah Kamala Khan terbebas dari kepompong Inhuman, ia memiliki kekuatan baru antara lain shapeshifter, healing factor, dan elastisitas.

2. Sooraya Qadir Alias Dust

Superhero muslim berikutnya adalah Sooraya Qadir, atau yang dikenal dengan nama Dust. Sooraya adalah seorang mutan perempuan muslim Sunni kelahiran Afghanistan.

Sooraya memiliki kekuatan mutan yang dapat mengubah dirinya menjadi butiran pasir dan menggerakkan partikel-partikel pasir tubuhnya dengan kecepatan tinggi, hingga dapat membuat badai pasir.

Sosok Superhero Mmuslim Sooraya Qadir alias Dust
Sosok Superhero Mmuslim Sooraya Qadir alias Dust

Sooraya ditolong oleh Wolverine dan Fantomex dari perbudakan. Mereka menyelamatkan Sooraya ketika dia terpisah dari ibunya. Dia kemudian dikirim ke markas X-Corps di India.

Sooraya bergabung dengan sekolah X-Men dan menetap di Xavier Institute for Higher Learning. Ia aktif sebagai anggota New X-Men, kelompok mutan yang terdiri dari pelajar muda dari Xavier Institute.

Di X-Mansion ia sekamar dengan Laura Kinney alias X-23. Singkatnya, X-23 adalah kloningan dari Wolverine, hanya saja kloningan yang sukses yaitu X-23 yang lahir berjenis kelamin perempuan.

Walaupun Sooraya sekamar dengan salah satu perempuan paling berbahaya di dunia, ia tidak canggung menjalankan ibadah di hadapan Laura. Terkadang ia juga berdebat dengan Laura mengenai keimanannya terhadap Tuhan, karena Laura sebagai seorang kloningan adalah sosok yang ragu dengan keberadaan Tuhan.

Sooraya dengan sabar menjelaskan kebiasaannya beribadah, berdoa kepada Allah, dan mengingat orang yang diberikan penjelasan adalah X-23, tentunya ini termasuk tindakan yang berani.

Nantikan artikel Para Superhero Muslim yang Siap Menemani Anda Berbuka Puasa bagian kedua yang akan hadir besok sebelum berbuka puasa. (Sbg/Rig)

 

 

Comments