Kanye West baru baru ini merilis Album teranyarnya yang diberi judul Ye. (Foto: Twitter)
Kanye West baru baru ini merilis Album teranyarnya yang diberi judul Ye. (Foto: Twitter)

Sabigaju.com- Rapper Kanye West baru-baru ini meluncurkan album baru guna mengobati rasa rindu para penggemarnya. Dalam album yang judulnya pendek saja, ‘Ye’ hanya berisi tujuh lagu,

Tak hanya berjudul pendek, album ‘Ye’ juga merupakan album terpendek yang pernah dirilis rapper kelahiran Atlanta, Amerika Serikat tersebut. Total durasi seluruh lagu hanya mencapai 23 menit.

BACA JUGA: Kontroversi Cover Album Pusha T di Kamar Mandi Whitney Houston

Padahal, album Kanye West sebelumnya yaitu ‘The Life of Pablo’ (2016) punya durasi lebih dari sejam, tepatnya 66 menit. Album perdana lelaki bernama lengkap Kanye Omari West itu jadi yang terpanjang. Butuh waktu 76 menit untuk mendengar seluruh lagu dalam ‘The College Dropout’ milik suami Kim Kadarshian tersebut.

Kontroversi Album Ye

Meski pendek, ‘Ye’ menjadi tempat West berkeluh-kesah. Hal ini bahkan muncul dalam kover album tersebut.

“I hate being Bi-polar. It’s awesome,” tulis West dalam cover album, yang menampilkan foto pemandangan pegunungan di daerah Wyoming, Amerika Serikat.

Album Ye merupakan album terpendek yang pernah dirilis oleh Kanye West.
Album Ye merupakan album terpendek yang pernah dirilis oleh Kanye West.

Bipolar, adalah kondisi seseorang yang mengalami perubahan suasana hati secara fluktuatif dan drastis, misalnya tiba-tiba menjadi sangat bahagia dari yang sebelumnya murung.

Album ini menjadi semacam pertanda bahwa West masih konsisten dalam bermusik. Selama beberapa tahun belakangan ini, ia terus menerus membuat pernyataan yang menimbulkan kontroversi. Ia juga mendukung Presiden AS Donald Trump, yang dimusuhi sebagian Hollywood karena pernyataan dan aksinya yang juga kontroversial.

Sebagian kritikus pun menyukai ‘Ye’. Di layanan pengepul ulasan Metacritic, album ini mendapat rating 67 persen, sebanyak tiga dari enam kritikus memberi ulasan positif, sisanya menganggapnya biasa saja.

“Album ini tegas, berisiko, bikin geram, menarik, dan sedikit melelahkan, sebuah refleksi yang sangat jelas dari si empunya,” tulis Alexis Pretidis dari The Guardian.

BACA JUGA: Tingkah Kanye West Meresahkan, Apakah Gangguan Mental?

Komentar Para Rapper Soal Album Baru Kanye West

Sejumlah rapper angkat bicara perihal album Kanye West. (Foto Twitter)
Sejumlah rapper angkat bicara perihal album Kanye West. (Foto Twitter)

Snoop Dogg, sesama penyanyi rap pun berkomentar, “Kanye West benar-benar merindukan ibunya. Ia merindukan wanita kulit hitam dalam hidupnya,” merujuk pada Kim Kardashian yang berdarah Armenia, Belanda, Inggris, Irlandia, dan Skotlandia.

“Ia tak punya seseorang yang memberi nasihat kala dia salah dan menjaganya, tidak membiarkan West melakukan apapun seenaknya,” lanjut Dogg.

Menurut kamu enak gak sih lagu-lagu Kanye di album ‘Ye’ ini? (Sbg/Rig)

 

Comments