Salah seorang wisatawan hendak menjajal surfing di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Instagram bilangagus)
Salah seorang wisatawan hendak menjajal surfing di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Instagram bilangagus)

Sabigaju.com – Banyuwangi adalah salah satu kabupaten eksotis di Jawa Timur  yang menyembunyikan banyak permata rahasia, salah satunya adalah Pulau Merah yang lokasinya sangat digemari untuk berselancar.

Pantai Pulau Merah yang terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini mirip banget sama Pantai Kuta di Bali, potensi ombaknya cocok banget buat surfing.

Pantai yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini dikenal karena punya bukit hijau kecil dengan pantai sejauh 200 meter dan tanah berwarna kemerahan yang terdapat di dekat bibir pantai.

Bukit hijau yang keren ini bisa lo kunjungi dengan berjalan kaki saat air laut lagi surut. Di situ juga ada Pura bernama Pura Tawang Alun. Warga beragama Hindu sering melakukan upacara Mekiyis di sana.

Nyaman Buat Surfing

Disebut Pantai Pulau Merah karena hanya sekitar 100 meter ke sisi pantai adalah pulau berbukit kecil yang indah yang disebut Pulau Merah, yang dapat dicapai dengan berjalan kaki. Situasi ini mirip dengan lokasi pulau Tanah Lot ke pulau utama Bali.

Pantai di Pulau Merah sangat terbuka dimana ditemukan karang karang yang tajam di tepi pantai sehingga aman bagi peselancar pemula.

Dibandingkan dengan Pantai Kuta di Bali, berselancar di sini lebih kuat, menawarkan laras besar setinggi 4 meter dengan panjang 400 meter, sangat ideal bagi peselancar untuk mencoba teknik tubing.

Tapi karena ombak sini datang dengan ketinggian rata-rata dua meter, pemula dan peselancar amatir sama-sama bisa menikmati pantai ini.

Ini adalah tempat yang tepat untuk berwisata sambil belajar berselancar dan memperbaiki selancar yang mencari tempat berselancar yang kurang ramai. Hal ini karena umumnya pantai di Bali telah dibanjiri oleh peselancar, mulai dari amatir dan ahli.

Kamu juga tidak perlu repot membawa papan selancar dari rumah karena di tempat ini juga menyediakan jasa penyewaan peralatan surfing. Atau juga menyewa perahu untuk memancing.

Di sepanjang pantai, juga ada berderet-deret kursi panjang untuk bersantai lengkap dengan payung besar sebagai pelindung yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Penginapan juga pastinya ada di tempat ini.

Di pantai Pulau Merah ini banyak fasilitas penunjang untuk wisatawan bisa dibilang lengkap di tempat ini.

Seperti adanya kamar mandi umum, tempat untuk membilas badan, area parkir kendaraan bermotor yang hanya berjarak beberapa meter saja dari pantai, deretan warung yang menjual makanan, minuman.

Cara Terbaik Menuju Pantai Pulau Merah

Untuk menuju ke pantai ini kamu harus terlebih dahulu ke Banyuwangi atau kamu juga bisa masuk melalui bandara Banyuwangi, Malang, atau Surabaya.

Terletak sekitar 60 KM dari Banyuwangi, pantai dapat ditempuh dengan mobil atau sepeda motor dalam waktu tiga jam, dekat desa Sumberagung, di kecamatan Pesanggaran.

Dengan akses jalan yang mulus, sudah menjadi tujuan akhir pekan favorit bagi warga Banyuwangi. Dianjurkan untuk menyewa mobil di bandara Belimbingsari karena hanya ada sedikit bus umum yang menuju Pulau Merah dari sini.

Pantai Pulau Merah dibuka mulai dari pukul 7 pagi hingga sore hari, dengan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000 per orang. (Sbg/Rig)

Comments