Cara efektif menigkatkan status social bukan dengan panjat sosial
(Sumber : Facebook.com)

Sabigaju.com – Manusia pada dasarnya butuh pengakuan diri. Nah, secara sadar atau tidak, banyak manusia akan melakukan apapun untuk diperhatikan banyak orang hingga akhirnya status sosial dirinya  naik di dalam kelompok.

Perilaku ini yang sering dikenal sebagai social climbing alias panjat sosial. Pansos sering dicap negatif bagi sebagian orang.

Perilaku panjat sosial muncul dikarenakan kurangnya rasa percaya diri pada seseorang sehingga sering membandingkan diri dengan orang lain. Dan menariknya, faktor gaya hidup juga menjadi penyebab perilaku panjat sosial.

Ketimbang kamu menghalalkan segala cara buat pansos, ada beberapa cara efektif agar status sosialmu meningkat. Simak nih gaes

BACA JUGA: Pendidikan dan Kesehatan Jadi Fokus Para Orang Kaya Kekinian

Cara Lain Meningkatkan Social Status

Studi terbaru menunjukkan terdapat sembilan hal penting yang dapat meningkatkan status sosial seseorang.

Sekelompok psikolog dari The University of Texas, Austin meneliti daftar nilai yang dapat meningkatkan atau mengurangi status sosial seseorang. Peneliti menganalisis pada 2.751 orang dari 14 negara di dunia.

Ini merupakan penelitian pertama mengenai kriteria status sosial yang dilakukan dalam skala yang besar di dunia. Studi ini dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology pekan lalu.

Peneliti mengidentifikasi 240 faktor yang mempengaruhi status sosial pada setiap orang. Peneliti lalu menyaring faktor-faktor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan atau mengurangi status sosial seseorang di mata orang lain.

Status sosial merupakan konsep yang menjelaskan posisi seseorang dalam kelompok masyarakat yang dapat berupa penghargaan, pengakuan, atau bahkan label pada seseorang.

BACA JUGA: Alasan Keren Kenapa Cowok Jarang Update Status di Medsos

9 Hal yang Bisa menjadi boost Sosial Status

Hasilnya, peneliti mendapati sembilan hal yang paling berpengaruh dan dapat meningkatkan social status seseorang di mata masyarakat.

“Manusia hidup di dunia sosial di mana peringkat relatif penting untuk hampir semua hal, akses Anda ke sumber daya, kemampuan Anda untuk menarik pasangan, dan bahkan berapa lama Anda hidup,” kata salah satu peneliti psikolog David Buss.

Nah, sembilan hal itu bukanlah yang berkaitan dengan kekayaan atau tingkat popularitas seseorang.  Coba lihat :

1. Kejujuran
2. Keberanian
3. Memiliki selera humor yang baik
4. Pekerja keras

BACA JUGA: 6 Langkah Buat Detox Pasangan yang Sering Curhat Di Sosmed 

5. Memiliki pengetahuan yang luas
6. Cerdas
7. Baik hati
8. Sikap kepemimpinan
9. Rela berkorban untuk orang lain.

Adapaun hal-hal yang dapat menurunkan social status seseorang dalam lingkungan pertemanan dan kehidupan diantaranya adalah dikenal sebagai pencuri, menyebarkan penyakit seksual, kejam, dan jahat.

“Meskipun penelitian ini dilakukan sebelum pandemi virus corona, menarik melihat bahwa menyebarkan penyakit secara universal merugikan status seseorang,” tutup Buss.

Nah semoga artikel ini bisa membuka wawasan mu bahwa ada cara yang lebih elegan untuk meningkatkan status sosial yang elegan daripada melakukan pansos. (Sbg/Rig)

Comments