Khasiat Berpuasa
Tak hanya memperkuat secara spiritual, khasiat berpuasa telah dibuktikan oleh banyak pakar memiliki manfaat kesehatan baik untuk fisik maupun mental. ((Sumber Foto)

Sabigaju.com – Tak hanya memperkuat secara spiritual, khasiat berpuasa telah dibuktikan oleh banyak pakar memiliki manfaat kesehatan baik untuk fisik maupun mental.

Yup, sejauh ini, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa menjalankan ibadah puasa untuk menahan diri dari segala sesuatu serta makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenamnya Matahari rupanya mendatangkan segudang khasiat yang bermanfaat.

Nah Sabigaju mau kasih kamu beberapa khasiat berpuasa bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan di bulan Ramadhan ini.

BACA JUGA: Wow! 5 Manfaat Puasa Ini Pasti Bikin Kamu Gak Mau Batal

Bikin Otak Makin Sehat

Khasiat berpuasa ditemukan lewat sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat yang mengungkapkan bahwa fokus pada mental saat Ramadhan dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak atau BDNF. BDNF dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak yang bisa meningkatkan fungsinya.

Produksi sel-sel otak baru juga terbukti dapat mengurangi depresi, kecemasan dan juga risiko terkena demensia (pikun). Dengan menahan emosi saat berpuasa, penurunan jumlah hormon stres kortisol juga akan terlihat cukup signifikan.

Berpuasa selama 30 hari di bulan Ramadhan tentu bisa membantu untuk menyingkirkan lemak dan massa otot yang lebih kuat.

BACA JUGA: Chanel YouTube Islami Keren Buat Menemanimu di Bulan Ramadhan 

Berat Badan Ideal

Puasa membantumu mendapatkan berat badan ideal, karena kelebihan lemak dalam tubuh segera dipecah oleh hormon pertumbuhan yang juga berfungsi sebagai hormon pembakar lemak.

Lemak dalam tubuhmu tidak dapat terbakar tanpa puasa karena tubuh akan lebih dulu memecah cadangan glukosa, baru membakar lemaknya.

para ahli mempercayai dalam jangka panjang, puasa jika dilakukan dengan benar dapat menyehatkan sistem pencernaan dan metabolisme seseorang secara keseluruhan, mempermudahnya untuk mendapatkan berat badan ideal.

BACA JUGA: Buah dan Sayur Ini Bermanfaat Bagi Stamina Saat Berpuasa

Mencegah Kanker

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam situs US National Library of Medicine National Institutes of Health mengemukakan slah satu khasiat berpuasa adalah dapat mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh serta asam nukleat sehingga menurunkan risiko kanker.

Hal ini juga memperlambat proses penuaan, membantumu terlihat lebih muda, dan meningkatkan energi dalam tubuh.

Sehatkan Jantung

Tak cuma menurunkan berat badan, Khasiat berpuasa Ramadhan juga membantumu menurunkan kadar kolesterol sehingga sangat sehat bagi jantungmu.

Tim kardiolog di Uni Emirat Arab menemukan bahwa orang-orang menikmati efek positif pada profil lipid mereka, yang berarti ada penurunan kolesterol dalam darah.

Jantung yang sehat berarti mengurangi risiko terkena penyakit jantung, serangan jantung, atau bahkan stroke. Apalagi jika usai Ramadhan kamu menjalankan diet sehat, kamu akan lebih mudah menjaga kadar kolesterolmu.

BACA JUGA: Aturan Berbuka Puasa yang Optimal Menurut Pakar Gizi

Tubuh Lebih Kuat

Khasiat   berpuasa selama bulan Ramadhan lainnya adalah, metabolisme tubuh kita akan menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang diserap tubuh juga akan meningkat.

Hal ini disebabkan oleh hormon yang disebut adiponektin, yang diproduksi dari kombinasi antara puasa dengan makan larut malam, dan membuat otot tubuh kita mampu menyerap nutrisi lebih banyak.

Kondisi ini juga sangat bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan, karena beberapa area tubuh juga bisa menyerap dengan lebih baik dan menggunakan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi. Hasilnya, tubuh menjadi lebih kuat. (Sbg/Rig)

Comments