Ilustrasi era Robot

(Sumber: facebook.com/prasanna.jpaul)

Sabigaju.com – Salah satu fenomena yang muncul Di masa pandemi Covid saat ini, adalah hadirnya berbagai kecanggihan yang bisa dibilang fase awal era robot di masa depan.

Yup, belakangan inie hadiran berbagai jenis robot begitu marak. Mereka bahkan  banyak yang sudah mulai bertugas dan  bekerja menggantikan tugas manusia di masa pandemi Corona ini.

Para analis pun memprediksi era robot menggantikan manusia akan lebih cepat datang akibat kehadiran berbagai robot di pandemi Covid-19 saat ini.

Dan bukan tak mungkin kalau sebuah perusahaan berhasil mempekerjakan robot, maka perusahaan itu tidak akan menggunakan kembali tenaga manusia. Hal itu pun mau tidak mau akan memicu pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dan  robot mungkin akan lebih banyak diminati mengingat para pakar kesehatan menyebut bahwa jarak sosial mungkin perlu dilakukan sampai 2021 mendatang.

Nah berikut sederet robot yang kini hadir dan bertugas di masa pandemi Corona:

BACA JUGA: Pandangan Tentang Robot yang Akan Mengambil Alih Pekerjaan Manusia

1. Boston Dynamics

Boston Dynamics merilis sebuah robot berbentuk anjing yang dilengkapi dengan sejumlah kamera dan sensor untuk mendeteksi pelanggar serta menyampaikan kembali peringatan yang telah diberitahukan sebelumnya.

Terkait dengan keamanan data pribadi, pemerintah setempat pun meyakinkan penduduk lokal bahwa robot berkaki empat tersebut bukan perangkat yang digunakan untuk mengumpulkan data.

2. Starship Technologies

Salah satu kota di Inggris bernama Milton Keynes juga memiliki robot yang membantu manusia di masa pandemi Covid-19.

Robot tersebut berupa mobil beroda enam yang berfungsi mengirimkan makanan serta belanjaan kecil lainnya ke penduduk setempat.

Jalur sepeda yang luas di kota tersebut dinilai ideal bagi robot setinggi lutut yang bergerak dengan kecepatan tinggi 4mph ini. Perusahaan pun membebaskan biaya pengiriman untuk pekerja kesehatan nasional selama krisis.

3. UVD Robots

Di China, robot serupa bernama UVD Robots dikerahkan untuk menyemprotkan disinfektan di rumah sakit.

Robot buatan Denmark tersebut dapat menyebarkan sinar ultraviolet (UV) berkekuatan cukup besar sehingga mampu menghancurkan DNA ataupun RNA mikroorganisme di sekitarnya.

Mengingat bahaya dampak sinar UV bagi manusia, UVD Robots dilengkapi dengan kemampuan belajar sehingga mampu menentukan waktu bekerjanya, yakni ketika staf medis tidak berada di sekitar.

BACA JUGA: Virtual Influencer Bakal Bikin Para Influencer Manusia Ke Laut? 

4. Zorabots

ini adalah robot yang bisa mendeteksi demam dan orang yang tidak menggunakan masker. yang dikembangkan oleh Zora Bots, sebuah perusahaan yang berbasis di Belgia sebagai upaya melawan pandemi Covid-19..

Robot-robot tersebut dapat melakukan screening temperatur pasien, mengidentifikasi orang-orang yang tidak mengenakan masker, dan memonitor aktivitas abnormal dari suara dan penampilan manusia.

Robot-robot tersebut juga dapat mengirimkan obat-obatan dan hal-hal penting lainnya bagi pasien yang terinfeksi Covid-19.

5. OhmniLabs

Di Jepang, ada robot dengan fungsi menggantikan posisi para pelajar yang sedang dikarantina dalam seremoni kelulusan.

Robot telepresence yang menggunakan komputer tablet di bagian wajah tersebut, terbungkus dengan pakaian akademik. Pelajar pun menggunakan aplikasi Zoom untuk menerima tanda kelulusan masing-masing.

BACA JUGA: Robot Asmara dan Resiko Maut Digiseksual

6. Robot Miso

Industri layanan makanan adalah salah satu ibidang  dengan penggunaan robot yang cenderung meningkat akibat masalah wabah.

Salah satu restaurant di AS yakni PathSpot memanfaatkan robot bernama Miso untuk membantu mendeteksi kebersihan tangan para staf mereka.

Nantinya saat karyawan sudah melakukan proses pembersihan tangan, tangan mereka mesti dideteksi terlebih dahulu apakah tangan sudah steril atau belum.

Suka nggak suka, era robot sudah pasti terjadi dan tidak bisa dihindari,  Pandemi Covid-19  hanya mempercepat fase terjadinya hal itu. (Sbg/Rig).

Comments