banyak apartemen kosong  di masa pandemi
(Foto: trekearth.com)

Sabigaju.com – Belum meredanya pandemi corona rupanya menyebabkan begitu banyak apartemen kosong lantaran para penyewa ataupun penghuni  memiih opsi lain.

Ada yang memilih untuk pindah ke rumah kontrakan dengan harga yang lebih terjangkau. Tak sedikit pekerja domestik yang pindah ke ke kampung halamannya lantaran perusahaan mereka tutup terdampak pandemi.

Sementara banyak expatriat yang meninggalkan apartemen mereka untuk kembali ke negaranya atas anjuran pemerintah di negara mereka.

Sementara para mahasiswa yang belakangan banyak menyewa apartemen ketimbang rumah kos pun kembali ke rumah mereka sambil menjalani kuliah online.

Banyaknya hunian apartemen kosong di Jakarta pun menjadi perbincangan hingga pertanyaan apakah nantinya bakal menjadi angker alias berhantu?

BACA JUGA: Mengapa Manusia Punya Rasa Takut Pada Hantu? 

Anggapan Hunian Kosong Bisa Berhantu

Ada anggapan yang mengatakan bila rumah atau apartemen bisa menjadi angker karena sang pemilik terlalu lama membiarkan kosong tak berpenghuni. Rumah ataupu apartemen yang lama tidak dihuni seringkali meninggalkan kesan horor karena tidak terawat.

Rumah atau apartemen yang kosong dan tidak dihuni biasanya dalam kondisi gelap bukan? hal ini juga memberikan kesan angker seperti di film horor.

Selain itu jika apartemenmu kosong dan tidak berpenghuni Banyak orang menyebut jika kamar mandi menjadi salah satu tempat yang paling digemari makhluk halus untuk bersarang.

Soalnya di banyak film horor, kamar mandi seringkali digambarkan sebagai tempat munculnya roh jahat atau hantu. Oleh karena itu, ada baiknya menjaga kebersihan kamar mandi dan membuatnya tidak terlalu redup agar tidak terkesan angker.

Jadi, jika kamu memiliki rumah atau apartemen yang tidak kamu tempati, sebaiknya diberi lampu agar terang dan bersih dan kamu bisa menyewakannya. Dengan begitu, rumah tersebut tidak dalam keadaan kosong untuk waktu yang lama.

Nah berikut sejumlah tips buat kamu untuk menyewakan hunian milikmu  yang kini kosong alias tak berpenghuni

BACA JUGA: Pandemi Membuat Perubahan Tempat Tinggal di Masa Depan 

1. Mencari Penyewa dengan Melakukannya Sendiri

Kamu bisa memasarkan apartemen secara seorang diri, tanpa melibatkan agen properti atau pihak lain.
Kamu bisa memanfaatkan situs atau aplikasi sewa properti atau menawarkannya melalui jejaring yang kamu miliki.

Namun, kamu harus melakukan semuanya seorang diri mulai dari mencari penyewa, menyeleksi, hingga menerima pembayaran. Ketika memilih melakukannya sendiri, kamu harus bisa memilih profil penyewa dan juga jangka waktu pembayaran.

2. Menggunakan Jasa Agen Properti

Kalau kamu memiliki beberapa unit apartemen dengan berbagai tipe dan juga lokasi yang berlainan, ada baiknya kamu menyerahkannya kepada agen properti.

Mereka yang akan mencari penyewa sekaligus mengurus segala hal seperti dokumen, pembayaran, hingga perawatan. Tapi Ingat, kalau agen properti harus mendapatkan komisi, namun besarannya tidak seperti saat mereka memberikan jasa menjual properti.

BACA JUGA: Marak Aksi pencurian di Masa Pandemi, Begini Mencegahnya 

3. Manfaatkan Perusahaan yang Dibentuk oleh Developer

Ada sejumlah perusahaan pengembang yang membentuk unit usaha yang membantu pengelolaan penyewaan unit apartemen yang sudah dibangun. Biasanya, pengelolaan unit apartemen oleh perusahaan pengembang ini untuk apartemen kelas menengah atas.

Manajemen profesional seperti ini tentu memudahkan kamu dalam menyewakan apartemen milikmu yang kini tengah kosong alias tak berpenghuni. Kamu tinggal menerima pemasukan sewa setiap bulannya.

Comments