Pandangan Pertama
(Sumber Foto: besthealthmag.ca)

Sabigaju.com – Gaes, kamu pernah gag sih bertemu dengan seseorang yang membuatmu merasakan cinta pada pandangan pertama. Tentunya hal itu pasti indah bukan?

Saat pandangan pertama terjadi, Kamu pun seakan merasa seperti telah bertemu dengan jodoh impian yang telah dinanti-nantikan. Pikiran pun melayang. kalau kamu dan dia bakal bahagia bersama selama sisa hidup mu.

Bangun, jangan menghayal. Itu cuma ada di dongeng sebab bisa dibilang love at first sight jarang terjadi. Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Jatuh Cinta Bukan Cuma Perasaan, Itu Urusan Otak! 

Penjelasan Ilmiah dan Cinta Pada Pandangan Pertama

Kaum Pria dikenal sebagai manusia dengan logika tinggi terutama berkaitan dengan hal-hal yang sarat emosional, apalagi soal perasaan dan cinta.

Namun, berdasarkan hasil penelitian survei yang dilakukan oleh situs kencan, Elite Singles, kaum ternyata adalah pihak yang paling cepat jatuh cinta pada pandangan pertama.

Hasil survei itu menunjukan bahwa sebanyak 72 persen responden pria ditemukan sering jatuh cinta pada pandangan pertama ketimbang wanita.

Sebab, hanya 61 persen wanita yang mengaku mudah jatuh cinta kala pertama kali bertemu pandang.

BACA JUGA: Tipe Pria yang Digilai Wanita, Dari Mulai Fisik Hingga Personaliti 

Selain itu, survei juga menyebutkan bahwa responden usia millenial, lebih tepatnya di bawah 30 tahun, terutama wanita, sering mengalami cinta kala pertama kali bertemu pandang..

Tak hanya itu, dalam penjelasan ilmiah yang dipaparkan oleh Dr Stephanie Ortigue dari Syracuse University menemukan bahwa jatuh cinta pada pandangan pertama terjadi 0,2 detik semenjak pria dan wanita saling pandang.

Aaron Ben-Zeev dari Psychology Today mengungkapkan bahwa jatuh cinta pada pandangan pertama lebih kepada ketertarikan seksual bukan cinta yang mendalam.

Ben-Zeev menjelaskan bahwa love at first sight merupakan romantisme yang berpotensi berkembang menjadi rasa cinta yang lebih intens.

Kemudian, dia menguraikan bahwa ketertarikan antara pria dan wanita saat jatuh cinta saat pertama kali bertemu itu lebih kepada adanya peluang dibandingkan realita.

“Ketika jatuh cinta pada pandangan pertama benar-benar terjadi pada Anda, maka itu tidak akan terjadi lagi di masa mendatang karena emosionalnya terlalu kuat dan dalam,” pungkas Salama Marine, psikolog dedikatif untuk Elite Singles.

BACA JUGA: Kamu Harus Tahu Bedanya Cinta dan Tergila-gila

Cinta Pada Pandangan Pertama  Cuma Nafsu Belaka?

Mungkin pertama-tama yang harus kamu pertimbangkan adalah soal perbedaan antara cinta dan nafsu.

Sebab saat seseorang memiliki perasaan yang intens untuk seseorang hanya dengan melihatnya, sebelum segala bentuk interaksi lisan terjadi, mungkin bisa jadi hal itu dipengaruhi ketertarikan fisik atau nafsu belaka  terhadap seseorang.

Saat seseorang mengaku mengalami love at first sight, tetapi si wanita tidak membalas. Ini menunjukkan bahwa cinta pada pandangan pertama tidak ada.

BACA JUGA: Gaes, Jangan Ada Bucin di Antara Kita

Bagaimana bisa jika dua orang merasa benar-benar menentang emosi saat bertemu? Bagaimana bisa satu orang merasakan cinta sementara yang lain hanya melewatinya.

Kalau kata orang jawa sih “Witing Tresno Jalaran Soko Kulino” kalau diartikan artinya “Cinta tumbuh karena terbiasa”.  Ini artinya cinta itu akan bisa tumbuh karena terbiasa

Mungkin semulanya cinta itu belum tumbuh, tetapi karena sering bertemu, terbiasa berinteraksi, terbiasa bersama-sama. akhirnya cinta itu mulai tumbuh karena kebiasaan tersebut. (Sbg/Rig)

Comments