Sabigaju.com – Punya kendaraan bermotor, tentu harus siap dengan berbagai perawatannya. Dari mulai yang sederhana hingga perawatan kelas berat. Untuk perawatan yang membutuhkan tenaga ahli, tentu lebih baik kamu bawa ke bengkel yang dipercaya. Namun untuk perawatan-perawatan rutin dan kecil, kamu sebaiknya harus belajar.

Salah satu perawatan yang rutin dilakukan adalah memanaskan mobil. Biasanya mobil akan diam di garasi rumah setelah kamu pulang bepergian atau pulang dari kantor. Paling tidak mesin mobil akan istirahat selama kurang lebih 10 – 12 jam.

Nah, saat keesokan harinya kamu ingin menggunakan mobil tersebut, jangan lupa untuk memanaskannya terlebih dahulu. Dikutip dari berbagai sumber, salah satu hal terpenting sebelum memanaskan mobil adalah mengecek dahulu oli mobil melalui tuas yang ada di mesin. Memeriksa sistem oli dan yang berhubungan dengan minyak, disarankan dilakukan setelah mobil beristirahat agak lama. Hal tersebut agar kamu bisa mendeteksi secara dini, jika ada kebocoran.

Setelah itu, kendaraan bermotor kamu bisa dipanaskan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan, agar pemanasan mesin kendaraan bermotor kamu bisa efektif dan aman bagi mesin.

1. Jangan langsung starter kendaraan
Saat penggunaan pertama setelah kendaraan bermotor beristirahat, jangan langsung starter kendaraan. Arahkan kunci mobil ke panel persiapan agar kelistrikan kendaraan bisa menyala lebih dahulu sebagai bentuk checking kelistrikan kendaraan.

2. Panaskan mesin, cukup lima menit saja
Banyak pemilik kendaraan bermotor masih salah perihal lamanya waktu pemanasan mesin. Di setiap buku petunjuk kendaraan bermotor kamu, disarankan cukup kurang lebih lima menit untuk memanaskan kendaraan bermotor. Waktu itu sudah lebih dari cukup mesin kendaraan melakukan 'pemanasan'.

3. Jangan memainkan pedal gas
Masih ada pemilik kendaraan bermotor yang bermain dengan panel gas. Selain terdengar berisik, hal tersebut malah akan merusak sistem pembakaran.

4. Matikan semua kelistrikan
Jangan lupa, sebelum dipanaskan, matikan semua unsur kelistrikan, seperti tape, pendingin udara atau kelistrikan lain yang dinyalakan dengan menggunakan sambungan aki kendaraan.

5. Panaskan di tempat terbuka
Panaskanlah mesin kendaraan anda di tempat terbuka. Perlu diingat, hasil dari buangan gas kendaraan bermotor kamu mengandung Co2 yang sangat berbahaya bagi paru-paru.

Kalau sudah dibaca, kamu bisa langsung praktekkan ya tips memanaskan mesin kendaraan bermotor di pagi hari. Selamat mencoba. (Sbg/nia)

Comments