Pria mengenakan pakaian casual saat Bekerja dari Rumah
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com -Gaya pakaian casual merupakan salah satu pilihan pas, nyaman serta hal yang menyenangkan untuk bekerja dari rumah di tengah pandemi Covid-19.

Namun, apakah dengan mengenakan pakaian casual kamu lebih produktif dalam bekerja ketimbang memakai busana formal?

BACA JUGA: Jaga Penampilanmu Berbusana Saat Bekerja dari Rumah 

Pakaian dan Produktivitas Bekerja

Menurut Mike Slepian,  penulis “The Cognitive Consequences of Formal Clothing.” Dia mengatakan pakaian kasual bisa membuat pekerja berpikir kurang abstrak dan lebih konkret – berguna untuk menyelesaikan tugas yang berfokus pada detail seperti menulis kode atau merencanakan peluncuran produk.

Menurutnya dengan pakaian formal, pekerja merasa lebih kuat dan siap untuk menangani pemikiran abstrak tingkat yang lebih tinggi.

Dia juga mengatakan bahwa ketika pekerja perlu berpikir kreatif tentang gambaran yang lebih besar, saat itulah berpakaian secara formal akan meningkatkan produktivitas.

Meski kamu bisa berpakaian casual namun jangan kamu salah gunakan dan menyebabkan kecerobohan, kemalasan dan penurunan profesionalisme.

Na ada beberapa tips buat kamu saat memilih mengenakan pakaian kasual saat bekerja dari rumah

1. Jangan Berpakaian Seperti Anak -anak

Banyak pria mengimplementasikan gaya kasual dari sudut yang salah, alih-alih ingin terlihat muda. Agar tetap terlihat cocok dan menarik, kamu harus selalu berusaha terlihat dewasa.

Itu bukan berarti Anda harus berpakaian seperti ayah Anda, dan bukan pula harus berpakaian gaya tua. Jangan pula Anda terjebak dengan menggambarkan diri Anda sebagai seorang remaja, kecuali Anda memang benar-benar seorang remaja.

2. Hindari Kaos yang Rame  Gambarnya

Untuk tampil lebih dewasa hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghindari tampilan kekanak-kanakan. Jangan kenakan pakaian atau t-shirt dengan banyak gambar yang mungkin kamu anggap keren.

Meskipun populer, kaus bergrafis tidak membuat Anda lucu atau orisinil.

3. Jangan Jeans Melulu

Jeans memang bagus, tetapi semuanya terlihat hampir sama, dan itu bukan satu-satunya pilihan pakaian casual ya gaes.

Kemeja atau kaos juga u bisa dipasangkan dengan celana chino. Pilih lah celana chino yang cocok untuk kaos dan kemeja-kemeja  favoritmu

BACA JUGA: Dahulu Jas, Sekarang Kaos Oblong Merajalela Jadi Busana Kantoran

4. Tambahkan layer

Untuk membuat penampilan yang bervariasi, kamu bisa juga mengenakan lapisan tambahan selain yang tampak dominan di luar.

Pakaian casual seperti jeans dan sweater mungkin membuatmu terlihat keren, tapi menambahkan kemeja sederhana  sebelum mengenakan sweater bakal membuatmu jauh lebih keren.

Namun demikian, kamu juga  harusmempertimbangkan apakah menambahkan layer ini cocok untukmu, jika tidak jangan juga memaksakan.

5. Kenakan Jaket or Blazer

Kamu bisa meningkatkan penampilan dengan mengenakan pakaian casual seperti jaket atau blazer yang pas.

Mengenakan blazer yang menjadi favorit pria kasual bisnis ini juga disebut gaya smart casual.

Jaket atau blazer juga akan menyembunyikan pakaian di baliknya yang sangat sederhana sekalipun, misal kemeja putih polos, dengan celana jeans.

BACA JUGA: Pentingnya Grooming untuk Penampilan Pria 

6. Tetaplah Simpel

Banyak pria berupaya  terlalu keras untuk tampil bagus. Alhasil, mereka mengenakan yang berlebihan, mengenakan terlalu banyak aksesoris, seperti gelang, beberapa kalung, dan lainnya.

Itu justru membuatmu terlihat seperti “berandalan”. Atau, ingin tampil beda dengan pakaian-pakaian warna-warni tapi justru terlihat “norak”.

Tetap bidik pakaian casual yang kalem, sederhana, dan bersahaja, dan kamu akan tampil menonjol dengan baik.(Sbg/Rig)

Comments