Overthinking bikin hidup nggak santuy
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Gaes, mungkin di antara kamu sering kali atau bahkan suka memikirkan sesuatu secara berlebihan atau dengan kata lain overthinking di masa new normal ini.

Berbeda dengan orang yang memiliki sifat pemikir, seorang  overthinker kerap kali menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan sesuatu yang sebenarnya belum tentu ada manfaatnya.

Meski memikirkan sesuatu sebelum bertindak itu merupakan suatu hal yang baik. Tapi, kalau dilakukan secara berlebihan justru enggak baik dan merugikan dirimu sendiri lho sob.

Bikin Cemas dan nggak Tenang

Overthinking jelas  bakal membuatmu merasa khawatir hingga kecemasandn bisa saja membuat hari-harimu jadi nggak santuy.

Overthinking juga kerap membuat kamu terjebak dalam pikiran sendiri, sepanjang waktu pikiranmu hanya dihantui dengan perasaan benar atau enggaknya suatu hal yang sudah kamu lakukan.

Bukannya memikirkan solusi, malah justru kamu terjebak dan membuatmu merasa cemas setelahnya.

Nah, ada beberapa  cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk melawan overthingking biar hidup jauh lebih santuy di masa new normal ini

BACA JUGA: Begini Tanda-tanda Seorang Pria yang Terlalu Banyak Berpikir

Cari penyebabnya

Gaes, ketika kamu menyadari kalau kamu memiliki kebiasaan overthingking, berhentilah secara bertahap dan coba tenangkan pikiranmu. Setelah itu, cobalah cari penyebab atau sumber masalah yang selama ini bersarang dari pikiranmu.

Kalau perlu, bikin deh list permasalahan yang sering kamu pikirkan. Entah tentang keluarga, karier, atau bahkan hubungan percintaan yang rumit dan lain sebagainya.

Nah, baru deh kamu cari dan temukan hal-hal yang sebenarnya enggak perlu dipikirkan secara overthinking, coret dari data yang sudah kamu buat dan jangan diingat-ingat lagi ya!

Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Overthingking membuat energi dan  waktu terbuang. Untuk mengistirahatkan pikiran, kamu bisa mengalihkannya lewat kegiatan atau hobi yang menyenangkan.

Hal ini bisa membantumu mengalihkan pikiran negatif ke arah yang lebih positif. Entah itu memotret, berolahraga, berkebun, bermusik atau main game.

Pokoknya, cari kegiatan positif yang membuatmu merasa teralih dari pemikiran yang seharusnya enggak perlu dipikirkan ya, gaes

BACA JUGA: Kebiasaan Buruk yang Dapat Membuatmu Sulit Berkembang di Masa Depan 

Tentukan Kapan Mesti Berpikir dan Mengambil keputusan

Biar nggak menguras energi dan buang waktu. Kamu harus tahu kapan waktunya untuk berpikir dan mengambil keputusan.

Kamu harus cepat dalam mengambil keputusan dan bertindak tanpa harus berlama-lama terjebak dalam pikiran yang enggak menghasilkan solusi.

Kamu juga harus memikirkan strategi  jalan keluar dari masalah. Jangan overthinking, kalau waktunya sudah habis kembali menjadi orang yang produktif ya.

BACA JUGA: Cara Self Love untuk Mengapresiasi Diri Sendiri 

Terapkan Konsep Self Love

Cara lain untuk melawan overthinking  adalah dengan belajar mencintai dirimu sendiri. Kamu perlu sadar, kalau menjadikan masa lalu sebagai penyesalan hanya menyakiti diri saja.

Perhatikan setiap emosi dan respon tubuh kalau lagi overthingking. Ketika kamu mulai mencintai diri sendir, kamu enggak akan rela menyakiti diri karena berpikiran secara berlebihan, bukan?

Ingat, dalam kehidupan pasti ada lika-liku masalah yang perlu kamu hadapi. Tapi, jangan sampai terlalu larut alias overthinking memikirkan hal tersebut, santuy aja gaes! (Sbg/Rig)

Comments