Sikap dan perilaku over protektif adalah tanda hubungan tak sehat
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Maraknya perselingkuhan yang terungkap di media dan jejaring sosial ataupun isu prostitusi online belakangan ini membuat tak sedikit wanita ikut khawatir bahkan mulai bersikap over protektif terhadap pasangannya.

Nah, para pria yang memiliki pasangan over protektif sering mendapati dirinya tidak bahagia dan hilang perasaan dalam hubungan tersebut. Jika pasanganmu terlalu protektif, kamu harus memperbaiki masalah sebelum merusak hubungan dalam jangka panjang.

Satu hal yang pasti, bahwa sikap over protektif adalah tanda-tanda bahwa hubunganmu tidak sehat. Jika pasangan mu begitu terobsesi dan berperilku over protektif,  berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA: Isolation Envy, Kecemburuan di Media Sosial Saat Pandemi

1. Lakukan Percakapan Terbuka

Ketimbang  berdebat soal mengapa pasangan begitu over protektif yang hanya akan memperburuk situasi, lebih baik kamu bicara dengan pasangan untuk memahami dari mana datangnya sikap over protektifitu.

Apakah mereka memiliki masa kecil yang bermasalah? Apakah mereka pernah menghadapi penolakan di masa lalu? Apakah mereka memiliki pengalaman hubungan yang pahit dengan mantan pacar yang memiliki masalah kesetiaan?

Hal-hal tadi adalah beberapa faktor yang sering memaksa orang untuk menunjukkan perilaku terlalu protektif dengan menyabotase hubungan yang sehat.

2. Coba Bikin Aturan Biar Nggak Cemburuan

Bersikaplah asertif dan berkomunikasi, ketika berhadapan dengan pasangan yang over protektifi dan tetapkan aturan hubungan untuk mengendalikan perilaku protektif.

Inilah saatnya bagimu untuk menyatakan hal-hal spesifik yang mengganggumu dan perilaku dia yang suka mengendalikanmu.

BACA JUGA: Perasaan Cemburu Berlebihan, Gambaran Orang Narsistik 

3. Gunakan Magic Word

Dalam banyak kasus, ketidakamanan terjadi karena ketidakmampuan salah satu pasangan untuk mengungkapkan cinta mereka kepada yang lain.

Gaya hidup modern sering membuat kita tidak punya banyak waktu untuk mengatakan tiga kata ajaib, I love you yang setiap pasangan ingin dengar berulang kali.

4. Kenalkan Dia ke Lingkaran Pertemananmu

Jika pasanganmu over protektif alias khawatir kamu dapat meninggalkan mereka untuk salah satu teman or sahabat, perkenalkan pasanganmu ke geng mu!

Ketika mereka melihat cara teman-temanmu berinteraksi satu sama lain, mungkin pasanganm akan merasa nyaman dengan mereka, tanpa menyisakan ruang untuk keraguan.

Melibatkan pasanganmu sat bertemu lingkaran teman akan menunjukkan bahwa kamu tidak perlu menyembunyikan apa pun, yang bisa membuatnya untuk paranoid tentang hubungan tersebut.

BACA JUGA: Apakah Pacarmu Diam-diam Psikopat? Yuk Kita Kenali 7 Ciri-Cirinya

5. Putus or Pisah, Sah Kok

Kamu tidak pantas untuk terus-menerus diberi tahu apa yang harus dilakukan atau bahkan diperlakukan dengan buruk oleh pasangan saat menjalin hubungan cinta ataupun berumah tangga.

Jika kamu telah melakukan segalanya untuk menyelamatkan hubungan, namun pasanganmu menolak untuk mengubah sikap mereka atau menjadi kasar, kamu nggak perlu pasrah atau harus membiarkannya. Putus atau pisah mungkin jalan terbaik

Tidak sepantasnya kamu sebagai pria dikendalikan bagai boneka oleh wanita yang selalu berperilaku over protektif. (Sbg/Rig)

Comments