karir

Sabigaju.com – Selama ini mungkin kita meyakini bahwa kerja keras dan loyalitas adalah modal utama untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi. Hal ini sama sekali tidak salah. Namun, jangan sampai hal ini membuat Anda lupa untuk menjadi orang yang menyenangkan.

Dilansir dari Forbes, orang yang menyenangkan dan humoris akan lebih unggul dalam hal kognitif, emosional, dan kesehatan fisik. Dikatakan oleh Steven Sultanoff, Ph.D, bahwa orang yang menyenangkan lebih bisa menghadapi tekanan dalam pekerjaan dibanding orang yang lebih serius bekerja.

Mengapa orang menyenangkan akan lebih mudah menggapai jenjang karir yang lebih tinggi? Ini dia alasannya:

1. Mereka lebih disukai oleh semua pihak

Baik atasan, tim kerja, hingga klien akan mengharapkan kehadiran seseorang yang menyenangkan dalam lingkungan kerja mereka. Orang yang menyenangkan akan selalu menularkan semangat positif fan membuat suasana kerja menjadi menyenangkan. Mereka cenderung jarang mengeluh, bahkan bisa menjadikan tekanan kerja sebagai humor segar sehingga permasalahan terlihat lebih ringan.

2. Lebih produktif

Dengan semangat positif yang dimilikinya, orang yang menyenangkan akan selalu melihat sebuah masalah sebagai tantangan yang harus dihadapi bersama dengan tim. Daripada mengeluhkan masalah pekerjaan, mereka memilih untuk mencari jalan keluar. Hal ini membuat mereka lebih fokus dalam bekerja dan mencari solusi untuk setiap jalan buntu. Tentu saja semangat ini menular pada teman kerjanya, sehingga suasana tim kerja menjadi lebih kondusif.

3. Lebih mudah membangun networking

Orang menyenangkan akan selalu dicari oleh semua orang. Maka setiap kali ada acara atau kegiatan, mereka adalah orang yang dipastikan akan ada dalam list undangan. Hal ini tentu saja memungkinkan mereka memiliki lebih banyak teman baru dan memperluas lingkar pergaulannya. Sebagaimana diketahui, saat ini faktor sukses seseorang tidak hanya karena skill bekerja yang baik. Lingkaran pertemanan yang luas juga sangat berpengaruh bagi jenjang karir seseorang.

4. Lebih kreatif

Orang yang menyenangkan akan menghasilkan ide-ide yang lebih kreatif dibandingkan orang yang terlalu serius saat bekerja. Hal ini dikarenakan mereka cenderung berpikir di luar kebiasaan banyak orang. Mood yang baik mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang, dan hal inilah yang membuat orang menyenangkan jauh lebih kreatif.

Nah, alasan di atas adalah hal yang harus dipertimbangkan, Sobat Sabi. Mulailah untuk berpikir, apakah Anda sudah cukup membawa energi positif di lingkungan kerja Anda? Jika dirasa belum, maka detik ini juga adalah saatnya Anda berubah untuk lebih rileks dan humoris (Sbg/Ldr)

Comments