Sabigaju.comAhmad Dhani menjadi nama yang fenomenal, baik di panggung musik maupun kehidupan pribadinya. Mas Dhani, sapaan akrabnya atau orang-orang dekatnya menyebut Pak Dhe (Bahasa Jawa berarti yang dituakan), menjadi otak dibalik kesuksesan grup band Dewa 19.

Bakat pemilik nama asli Dhani Ahmad Prasetyo itu di bidang musik, sangat mumpuni. Tidak salah jika banyak pengamat musik menyebutkan ia merupakan salah satu musisi jenius di era ketenaran Dewa 19. Sebagai motor panggung band Dewa 19, Ahmad Dhani telah berhasil membuat vokalisnya saat itu (Ari Laso) hidup dengan musik yang diciptakannya.

Sentuhan Ahmad Dhani menjadi jaminan kesuksesan sebuah lagu. Sejak album pertama, Dewa 19 menjadi barometer ideal band musik Tanah Air. Motor penggerak anak-anak Dewa 19 itu begitu piawai memimpin dan membangun ritme bermusik.

Menjadi musisi jenius, Dhani seakan 'sulit' diikuti oleh rekan-rekannya. Bahkan cap arogan sempat dialamatkan kepada lelaki kelahiran Surabaya tersebut. Makin dibicarakan negatif, Dhani makin 'beringas' dalam bermusik. Terbukti, meski sempat muncul perseteruan antara dirinya dan Ari Lasso, Dewa 19 tetap eksis.

Ahmad Dhani saat mengisi sebuah acara (sumberInstagram ahmaddhaniprast)

Pameo yang menyebutkan sebuah band akan habis ditinggal vokalisnya, pudar dengan strateginya menggantikan posisi Ari Lasso dengan Once. Bersama Once, nama Dewa malah melambung makin tinggi. Band-band baru yang bermunculan di era 2000-an sampai menaruh hormat pada band yang memiliki basis penggemar bernama Baladewa tersebut.

Namun lagi-lagi Ahmad Dhani harus kehilangan vokalisnya. Usai Once Mekel mundur, baru terasa Dewa sudah tidak memiliki taring lagi di industri musik Tanah Air. Banyak yang menilai, hal tersebut didasarkan pada kebuntuan Ahmad Dhani dalam bermusik. Ia lebih disibukkan untuk mengurus manajemen artisnya, Republik Cinta Manajemen.

Dan terbukti, sentuhannya terhadap T.R.I.A.D, Mahadewi, Mulan Jameela dan beberapa artis lainnya di bawah naungan RCM, menjadi kunci keberhasilan mereka. Meski saat ini akhirnya nama-nama tersebut tenggelam dengan siklus industri musik Tanah Air.

Saat Ahmad Dhani belum menemukan kembali 'ruhnya yang hilang' dalam bermusik, ia ditempa berbagai masalah kehidupan. Drama kehidupannya menjadi buah bibir, pembicaraan dan pemberitaan yang begitu fenomenal.

Kisah perceraian dengan Maia Estianty lantaran isu orang ketiga, Mulan Jameela contohnya. Hampir setiap hari saat itu infotainment menyuguhkan berita rumah tangga Ahmad Dhani. Mungkin sulit untuk menghitung jumlah episode cinta segitiga Ahmad Dhani, Maia Estianty dan Mulan Jameela.

Sampai akhirnya Dhani dan Mulan pun mengakui pernikahan keduanya. Maia hanya bisa tersenyum, sebab apa yang disangkakannya memang terbukti. Namun Dhani dan Mulan tidak bergeming, bahwa hubungan tersebut tidak untuk menyingkirkan Maia Estianty dari kerajaan Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela(sumberInstagram ahmaddhaniprast)

Dhani juga mulai melirik dunia politik. Ia bahkan dengan tegas menjadi orang yang berseberangan dengan Ahok, baik itu perihal kebijakan maupun pribadi. Bahkan kata-katanya terhadap Ahok di media sosial, dinilai terlalu tendensius.

Masalah Dhani kemudian bergeser ke keuangan. Disebut-sebut akibat bisnis manajemen artisnya terpuruk, Ahmad Dhani bangkrut. Bahkan tersiar kabar, ia menjual rumahnya di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan lantaran terlilit masalah keuangan. Hingga akhirnya seorang pedagang barang antik dari Pasar Cikapundung, Bandung, menagih utang Ahmad Dhani secara unik, melalui rekaman video yang kemudian viral.

Rully,Pedagang Barang Antik Pasar Cikapundung (Sumber Youtube)

Kejadiannya bermula saat Ahmad Dhani membeli barang antik di Pasar Cikapundung April tahun 2016 silam. Nominalnya sekitar Rp100 juta. Menurut Rully, Ketua Asosiasi Pedagang Barang Antik Pasar Cikapundung, biasanya Ahmad Dhani membayar paling lambat empat bulan. Namun kali ini, Dhani belum membayarnya.

Masalah utang barang antik itu menjadi viral setelah Ahmad Dhani dinyatakan kalah dalam pertarungan Pilkada Kabupaten Bekasi.

Cerita tentang Ahmad Dhani belum berakhir, diam-diam, Masterpiece, perusahaan karaoke mengumumkan jika Ahmad Dhani sudah tidak lagi menjadi brand ambassador mereka. Bahkan nama Ahmad Dhani dihapus dari nama brand usaha karaoke keluarga tersebut. Mungkinkah ada cerita lagi tentang kehidupan Ahmad Dhani selanjutnya? Tunggu saja. (Sbg/nia)

Comments