Resiko mengantuk bisa terjadi saat kamu menyetir mobil usai makan siang
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com –  Banyak orang yang punya kebiasaan makan siang ke suatu tempat dengan menggunakan mobil.

Mengemudi  mobil saat hendaak makan siang ke suatu tempat pastinya berbeda dengan saat pulang

Nah, kamu tau mesti tau nih  ternyata ada juga yang menyarankan usai makan siang dilarang menyetir mobil, kenapa demikian?

Sebuah studi menyatakan bahwa, menyetir setelah makan beresiko menyebabkan rasa kantuk saat mengemudi.

Studi tersebut menunjukkan bahwa, makan siang terlalu banyak bisa membuat konsentrasimu hilang, meskipun kamu tidak minum alkohol.

Jangan Langsung Menyetir Usai  Makan Siang

Eefek perut kenyang sama membahayakannya dengan saat menyetir di bawah pengaruh alkohol. Kenyang menyebabkan kadar gula naik, jumlah kalori meningkat dan rasa kantuk datang.

Akan lebih berbahaya lagi jika menu yang disantap adalah menu tinggi kalori, tinggi karbohidrat, rasa kantuk sulit sekali dibendung.

Kecelakaan Mobil
(Foto: Freepik.com)

Dalam study yang pernah dilakukan oleh peneliti dari Universitas Loughborough, dimana  Para partisipan dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama, mereka yang mengonsumsi makanan tinggi kalori dan karbohidrat. Sedangkan partisipan dalam kelompok kedua adalah yang rendah kalori dan karbohidrat.

Kedua partisipan memiliki jam tidur yang sama di malam hari, sehingga tidak ada kemungkinan kantuk disebabkan kurang tidur.

Selama beberapa hari, setiap jam makan siang berakhir mereka diminta menjalankan simulasi mengemudi mobil selama kurang lebih dua jam lamanya.

Bisa Timbulkan Rasa Kantuk dan Kehilangan Konsentrasi

Hasilnya, mereka yang usai menyantap makanan tinggi kalori dan karbohidrat mudah mengantuk dan konsentrasinya menurun saat mengemudi.

Sebaliknya, mereka yang menu makan siangnya rendah kalori dan karbohidrat mengemudi dengan penuh konsentrasi dan tidak mengantuk.

“Selain meningkatkan kadar gula di dalam darah, menu tinggi kalori dapat memicu hormon cholecystokinin,” ungkap Louise Reyner, salah satu ilmuwan.

Hormon cholecystokinin ini dapat membuat tubuh terasa lemah dan lesu, inilah mengapa konsentrasi saat melakukan kegiatan apapun jadi menurun.

Untuk mengurangi resiko kecelakaans di jalan, lebih baik kamu mengonsumsi menu yang rendah kalori dan karbohidrat. Serta tidak langsung memaksakan diri menyetir mobil usai makan siang.

Salah satu solusinya, kamu sebaiknya menunggu beberapa saat setelah makan agar pencernaan lancar sebelum beraktivitas. Safe driving yah gaes. (Sbg/Rig)

Comments