kopi aceh
Kopi Aceh memang sudah sangat harum namanya di seluruh dunia berkat kopi Gayo. Namun, masih banyak jenis kopi dari Aceh yang jarang terdengar. (Foto: Brooke Lark/Unsplash)

Sabigaju.com – Belakangan, Aceh kembali jadi perbincangan karena Perda baru. Perempuan dan laki-laki yang bukan muhrim diharamkan berada di satu meja ketika mereka sedang ngopi. Tentu saja ini menuai pro dan kontra.

Ada yang bilang larangan tersebut layak demi menegakkan ajaran Islam di kota Serambi Makah tersebut. Namun, sebagian lagi menyebutkan bahwa peraturan ini akan membatasi perekonomian Aceh. Padahal, kisah juara kopi Aceh sudah santer terdengar kemana-mana.

Kopi Aceh, selain nikmat, kopi ini juga dipercaya sehat karena keaslian kopinya. Kopi Aceh memang tergolong kopi Arabika dan Robusta yang jika tak diminum secara berlebihan, maka kesehatan kamu akan terjaga.

BACA JUGA: Ternyata Jenis Kopi Favorit Bisa Ungkap Kepribadianmu!

Yang bikin nikmat, kopi Aceh masih menjaga tradisi lokal, yakni disaring. Banyak sekali kopi Aceh yang cara penyajiannya masih menggunakan penyaringan. Selain itu, Aceh Selatan juga memiliki cara unik dalam penyajiannya, yakni kopi tubruk yang diminum terbalik.

Kopi Aceh Enggak Cuma Gayo

(Foto: Matt Hoffman/Unsplash)

Wajar kalau kamu tahu kopi populer yang satu ini. Gimana enggak, nama kopi Gayo udah melanglang buana ke berbagai penjuru dunia. Rasanya yang khas dan aromanya yang sedap memang bakal memanjakan lidah para pecinta kopi.

Kondisi tanah yang subur di Aceh ternyata mampu menjadikan wilayah ini sebagai penghasil kopi premium di dunia. Terbukti, Aceh penyumbang ekspor biji kopi sebanyak 40 persen di Indonesia ke seluruh dunia.

Nah, nama kopi Gayo sendiri diambil dari nama salah satu suku di Aceh yang mayoritas dari mereka bekerja sebagai petani kopi. Rasa dari kopinya yang gurih, bahkan hampir tak terasa pahit, membuat Gayo banyak digemari masyarakat dunia. Terbukti, kopi Gayo pun akhirnya menjadi salah salah satu menu andalan di kedai kopi ternama dunia, Starbucks.

BACA JUGA: Tren Bisnis Kedai Kopi di Kalangan Milenial

Tapi tak hanya Gayo ternyata. Kopi Ulee Kareng, misalnya. Kopi ini diproduksi oleh banyak usaha kecil menengah di Lamno, Kabupaten Aceh Gaya. Ulee Kareng terkenal di Banda Aceh dengan aroma yang begitu pekat. Maka tak heran, kamu disebut-sebut tak pernah ke Banda Aceh jika tak menikmati kopi Ulee Kareng.

Kopi memang begitu lekat dengan tradisi masyarakat Aceh. Semua topik pembicaraan begitu menarik di meja kedai kopi dan bahkan tak akan pernah usai jika belum sampai seruputan akhir. Kalau kamu hendak ke Aceh, siap-siap jatuh hati pada kenikmatan kopi di sana ya, Sob! (Sbg/Dinda)

Comments