Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang, Tulung Agung, Jawa Timur. (Foto Instagram muhammadfajar1105)

Sabigaju.com – Pantai Kedung Tumpang mungkin layak mendapat julukan pantai unik yang berbeda dari biasanya. Karena jika biasanya pantai memiliki pasir putih yang memanjang luas, jangan harap kalian bisa menemukannya di Pantai Kedung Tumpang ini.

Sebagai pengganti pantai berpasir putih, di pantai Kedung Tumpang kalian akan dibuat takjub oleh pemandangan kolam renang alami yang terpampang nyata.

Gugusan karang yang menyerupai kolam ini terbentuk secara alami karena kerasnya hantaman ombak laut selatan yang mengenai tebing-tebing karang.

BACA JUGA:  Liburan di Pantai Pilihan Tepat untuk Sehatkan Fisik dan Mental 

Kolam Renang Alami

Kolam-kolam alami ini sangat indah dengan air yang sangat jernih. Karena letaknya yang bersebelahan dengan laut, air di kolam alami di pantai ini agak asin.

Bentuk laguna Kedung Tumpang pun indah, airnya bening dan traveler bisa berenang dengan asyik di sini. Seperti punya kolam renang pribadi dengan view cantik menuju ke laut lepas. Tak ada bandingannya!

Pantai Kedung Tumpang
(Foto: Instagram bang_tora)

BACA JUGA: Menikmati Keindahan Surga di Pantai Pulau Ora

Kalian bisa berendam santai sambil menikmati pemandangan laut lepas hanya di pagi hari saja saat air laut sedang surut. Jika air laut sedang pasang, kalian tidak diperbolehkan berenang di laguna karena ombak kencang yang sangat berbahaya bisa membuat anda terseret hingga ke tengah laut.

Pemandangan di Pantai Kedung Tumpang ini semakin indah jika dilihat dari ketinggian. Kolam-kolam tersebut terlihat hijau kebiruan.

Nama pantai ini sendiri berarti kolam yang menumpang. Hal ini berasal dari bentuk kolam yang besarnya tidak beraturan dan tersusun seolah menumpang di atas laut.

BACA JUGA: Pantai Pulau Merah, Surga Pecinta Surfing di Ujung Pulau Jawa

Akses Menuju Pantai Kedung Tumpang

Pantai unik ini terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Lebih tepatnya berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban.

Rute mudah menuju pantai ini adalah melewati Kota Tulungagung atau bisa juga melalui Blitar.

Pantai Kedung Tumpang
(Foto: Instagram kimwoobinida)

BACA JUGA: 

Summer Time! Liburan 4 Artis Hollywood di Pantai ini Bisa Jadi inspirasi Kamu

Sayangnya, Pantai Kedung Tumpang belum bisa dilalui menggunakan mobil kecuali mobil off road ataupun motor ojek yang mudah dijumpai disana dengan tarif Rp 15 ribu sekali jalan. Pilihan lain adalah dengan berjalan kaki.

Lantaran jalannya masih belum terlalu bagus, disarankan menggunakan alas kaki yang memadai, jangan menggunakan sandal jepit. Sedangkan untuk fasilitas di pantai ni belum lengkap. hanya ada warung-warung kecil dan tempat penginapan pun belum tersedia.

Pantai Kedung Tumpang setiap harinya ramai dikunjungi para wisatawan, bahkan ketika weekend jumlah pengunjung bisa mencapai lebih dari seribu orang. (Sbg/Iyu)

 

Comments