Kedai Sop Buntut H. Soedik di Sunter, Jakarta Utara (Foto ipick.com)
Kedai Sop Buntut H. Soedik di Sunter, Jakarta Utara (Foto ipick.com)

Sabigaju.com – Kawasan Jakarta Utara selain dikenal sebagai sentra kuliner sea food alias berbagai makanan laut. Namun tahukah Anda di kawasan ini tepatnya di bilangan Sunter terdapat sebuah kedai yang menjajakan sop buntut yang begitu nikmat.

Lokasi kedai sop buntut H Soedik berada di Jalan Sunter Agung Podomoro, tepatnya di jajaran Ruko Sunter Metro A 3/8, Jakarta Utara. Letaknya tidak jauh dari rumah makan Kepiting Asap. Nah karena plang namanya agak kecil, pastikan Anda jangan sampai kelewatan

Kedai H Soedik ini tidaklah besar karena hanya menempati sebuah ruko, walau sebenarnya terdiri dari dua lantai. Interiornya pun cukup nyaman, bertemakan kayu-kayu dan berdinding bata merah.

Interior Kedai Sop Buntut H Soedik di Sunter Jakarta Utara (Foto Facebook)
Interior Kedai Sop Buntut H Soedik di Sunter Jakarta Utara (Foto Facebook)

Sajian Menu Utama

Adapun menu utama yang ditawarkan di Kedai Sop buntut H Soedik hanya dua macam, yaitu Sop Buntut Kuah dan Sop Buntut Goreng. Yang lainnya menu minuman.

Sop Buntut Gorengnya berisi daging buntut sapi lengkap dengan ruas tulang, digoreng dengan minyak non-kolesterol, disajikan bersama kuah lengkap dengan kentang, wortel, bawang goreng, daun bawang, daun seledri, sambal, cabai merah, dan saus spesial ramuan H Soedik. Tidak lupa juga ada emping yang ditaburkan di atas kuah panasnya.

Sajian menu Sop Buntut Goeng di kedai sop buntut H.Soedik (Instagram)
Sajian menu Sop Buntut Goeng di kedai sop buntut H.Soedik (Instagram)

Saat mencicipi kuah yang disajikan dengan asap yang masih mengepul beraroma sedap, ternyata kuahnya pun enak, sedap. Rasa kaldu sapinya terasa sekali. Anda bisa mencampurkan sedikit sambal ke dalam kuahnya, maka sop jadi tambah mantap! Kuahnya saja sudah enak begini, bagaimana dengan buntut gorengnya ya?

Luar Biasa Nikmat dan Gurihnya

Potongan buntut-nya mendapatkan dua dengan ukuran lumayan besar, sementara daging nya cukup banyak di setiap potong buntutnya, empuk, juga rasanya gurih dan enak banget.

Sop Buntut kuah di Kedai Sop Buntut H. Soedik Sunter Jakarta utara (Foto Instagram)
Sop Buntut kuah di Kedai Sop Buntut H. Soedik Sunter Jakarta utara (Foto Instagram)

Daging buntutnya sangat empuk. Bumbunya pun sangat terasa dan begitu meresap. Mantap deh kalau disantap dengan nasi panas dan kuahnya.

Nah, keunikan lainnya setiap sajian di Kedai H. Sodik ini selalu disertakan dengan kentang goreng setengah matang, demikian pula dengan wortelnya. Untuk sambal, disini menggunakan sambal merah, sedangkan biasa kalau makan di tempat lain untuk menu serupa banyak yang menggunakan sambal ijo.

So, Anda patut merasakan kenikmatan sajian H.Soedik ini di rumah makan yang buka setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB. Untuk setiap porsi sop buntut kuah H Soedik dibanderol dengan harga  Rp80 ribu, sedangkan untuk sop buntut goreng Rp85 ribu. (Sbg/Rig)

Comments