Mobil Kendali Otomatis
(Foto: Instagram.com/teslamotors)

Sabigaju.com – Dalam beberapa tahun terakhir, kepopuleran mobil kendali otomatis (self-driver car) kian signifikan. Terang saja. Siapa juga yang tidak ingin dikemudikan ketika ingin berkendara?

Dan faktanya, menggunakan mobil tipe ini memberikan keuntungan (benefit) yang keren tidak hanya bagi ego pribadi, namun juga bagi lingkungan masyarakat sekitar.

Dan berikut, beberapa keuntungan menggunakan mobil kendali otomatis

1. Mengurangi Kemacetan

Dengan dikendarai secara otomatis oleh algoritma komputer di mobilnya, maka komputernya secara otomatis akan mencari salah satu dari sekian banyak rute yang tidak atau lebih sedikit macet.

BACA JUGA: Mesra dan Amannya Bercinta di Mobil BMW Vision iNext

2. Tingkat Kecelakaan Lebih Minim

Masih berkaitan dengan poin pertama, dengan sistem navigasinya yang full komputerisasi.

Dengan sistemnya yang demikian, si komputer ketika memilih rute yang tidak begitu macet, di saat yang sama juga memperhitungkan potensi kecelakaan yang akan terjadi.

Tapi memang. Di saat yang sama kita juga harus selalu mawas diri. Karena pada akhirnya sistem navigasinya adalah mesin. Dan mesin bisa saja ada error sedikit.

3. Mengurangi Stres

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh UK Office of National Statistics di tahun 2014, rata-rata pengendara yang selalu terkena macet parah, cenderung memiliki tingkat depresi yang sangat tinggi.

Alhasil, membuat dirinya menjadi kesal dan malas untuk memulai aktivitasnya sehari-hari. Nah, dengan mobil kendali otomatis, rasa stres bisa berkurang dengan sangat signifikan.

Karena sekalipun kita terjebak macet panjang, kita bisa bersantai sembari menunggu kemacetannya pulih. Kita bisa membaca, main game, atau bahkan tidur sejenak.

BACA JUGA: 5 Prediksi yang Terjadi di Era Kendaraan Listrik, Nomor 4 Ngeri Banget! 

4. Mengurangi Polusi Lingkungan

Kendaraan normal mengeluarkan gas karbondioksida. Dan pengeluaran ini tentunya memberikan polusi tingkat tinggi terhadap lingkungan.

Nah apabila kita berkendara menggunakan mobil kendali otomatis, secara tidak langsung kita telah memberikan kontribusi pengurangan polusi dengan sangat signifikan.

Karena mobil kendali otomatis memiliki bahan bakar elektrik. Kalapun harus mengisi gas, jumlah gas yang diisi pun sangat minim dan jarang.

5. Lebih Cepat Sampai Tujuan

Terlepas kita memiliki latar pembalap mobil, tetap saja jago kebut kita masih kalah dengan mobil kendali otomatis.

Hal ini dikarenakan mobil ini bisa mempertahankan kecepatan mobil yang ada dengan sangat stabil. Sehingga, membuat kita bisa sampai ke tujuan dengan sangat kilat.

6. Membantu Pengurangan Tempat Parkir

Memang. Logikanya, mobil harus diparkir ketika sudah sampai tujuan. Tapi apabila jumlah mobilnya terlalu banyak, hal ini akan membuat lahan yang tadinya bukan tempat parkir menjadi tempat parkir dadakan.

Tentunya hal ini tidaklah enak dipandang dan memang tidak tepat rasanya. Nah, hal ini tidak akan terjadi jika kita menggunakan mobil kendali otomatis. Hal ini karena mobilnya bisa otomatis balik ke garasi rumah kita setelah mengantarkan kita.

Dan apabila sudah waktunya pulang, kita bisa langsung memanggilnya kembali melalui ponsel pintar kita. Praktis dan ramah lingkungan bukan?

BACA JUGA: Ngintip Canggihnya Mobil Tesla yang Bisa Markir Tanpa Disetir 

7. Potensi Kriminal Lebih Kecil

Dengan l teknologi yang begitu modern dan serba canggih , tak ayal banyak yang menyangka bahwa mobil ini rentan menjadi target pencurian.

Namun anggapan tersebut justru keliru banget. Justru mobil ini jauh lebih aman. Karena mobil ini bisa diamankan melalui teknologi sidik jari (fingerprint) pemilik mobilnya saja. Saking safetynya, susah banget para kriminal untuk membobol mobil kendali otomatis ini (Sbg/Rig)

Comments