"<yoastmark

Sabigaju.com – Saat kita menikmati dinginnya es krim di tengah cuaca panas terkadang kita mengalami sakit kepala yang menusuk secara tiba-tiba. Tak jarang es krim yang tengah kita pegang pun kita buang lantaran rasa sakit itu.

Jika kamu pernah mengalami hal itu berarti kamu terserang brain freeze yang jika diterjemahkan berarti otak membeku.

Lantas, benarkah sakit kepala mendadak itu lantaran otak kita membeku saat makan es krim?

Penyebab Brain Freeze

Menurut salah satu organisasi yang fokus terhadap masalah kesehatan, International Headache Society (IHS) kondisi ini biasanya terjadi ketika cuaca sangat panas dan seseorang mengonsumsi makanan dingin terlalu cepat.

Saat sesuatu yang sangat dingin seperti es krim menyentuh pusat langit-langit mulut, maka suhu dingin ini bisa mematikan saraf tertentu yang berfungsi mengontrol berapa banyak darah mengalir ke kepala.

Selanjutnya saraf yang merespons ini akan menyebabkan pembuluh darah di kepala membengkak, akibat dari pembengkakan pembulu darah ini menimbulkan rasa sakit kepala.

Ingat yah! Otak kita tidak membeku sebab hal tidak terjadi di otak tapi hanya pada pembuluh darahnya saja.

Nih Biar Gak Kena Brain Freeze

Brain freeze biasanya berlangsung singkat bisa dibilang tidak lebih dari 5 menit. Tapi, terkadang kondisi ini bisa berulang dan kemudian hilang lagi. Sakit kepala akibat es krim ini tidak berbahaya dan tidak menunjukkan ada yang salah di dalam tubuh.

Sebab tubuh kita dirancang untuk dapat menjaga suhu panas tubuh terutama terhadap sesuatu yang dingin. Hal itu ditunjukan dengan cara aliran darah berkurang sehingga diameter pembuluh darah juga berkurang. Tapi saat pembuluh darah kembali normal, arteri di dalam langit-langit mulut menjadi melebar. Sehingga saraf dalam langit-langit tersebut menerjemahkan pelebaran sebagai rasa sakit.

Es krim bukanlah satu-satunya minuman yang bisa menyebabkan brain freeze, karena minuman atau makanan lain yang sangat dingin seperti minuman es yang dicairkan, soda dingin, susu atau pun jus yang sangat dingin bisa membuat pembuluh darah membengkak yang menimbulkan sakit kepala.

So, agar tidak terkena brain freeze disarankan agar kamu tidak terburu-buru ketika mengonsumsi makanan atau minuman dingin untuk mencegah timbulnya sakit kepala. Pelan-pelan aja ya, Sob. (Sbg/Rig)

 

Comments