Publik di dunia maya hingga siang ini masih heboh membicarakan moge presiden Jokowi yang di hadir saat pembukaan Asian Games di Stadion GBk Senayan pada Sabtu (19/8) malam. (Foto: Instagram Jokowi)
Publik di dunia maya hingga siang ini masih heboh membicarakan moge presiden Jokowi yang hadir saat pembukaan Asian Games di Stadion GBK Senayan pada Sabtu (19/8) malam. (Foto: Instagram Jokowi)

Sabigaju.com – Ada yang menarik dalam acara pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8) lalu. Acara pembukaan yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat tersebut berlangsung meriah dan meninggalkan kesan yang luar biasa bagi para penonton, baik yang melihat langsung ataupun melalui layar kaca.

Nah, dalam pembukaan Asian Games 2018 dikejutkan dengan aksi teatrikal moge Presiden  Jokowi. Yup, Presiden Jokowi nampak mengendarai motor Yamaha FZ1, milik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk sampai di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sebelum menggunakan motor, Jokowi berangkat dari Istana Bogor, Jawa Barat dengan menggunakan mobil dinas kepresidenan lengkap dengan pengawalan dari Paspampres. Namun, iring-iringan Jokowi terjebak kemacetan lantaran jalanan dipenuhi warga yang berbondong-bondong menuju GBK.

Garangnya Moge Presiden Jokowi

Nah, berbicara moge presiden Jokowi saat pembukaan Asian Games 2018 ternyata adalah jenis Yamaha FZ1, motor ini kabarnya didatangkan secara Completely Built Up (CBU).

Sejatinya, moge ini memang bukan motor baru, dan sudah eksis sejak 2010, yang artinya juga digunakan di era presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Secara detail, moge pengawal Presiden ini adalah Yamaha FZ1 Fazer. dan memiliki tenaga yang cukup dahsyat.

Presiden Jokowi tiba di Stadion GBK Senayan dengan mengendarai Motor Yamaha FZ1 yang kini ten gah menjadi pembicaraan publik di dunia maya. (Foto Instagram Kemensetneg)
Presiden Jokowi tiba di Stadion GBK Senayan dengan mengendarai Motor Yamaha FZ1 yang kini ten gah menjadi pembicaraan publik di dunia maya. (Foto Instagram Kemensetneg)

Motor ini sendiri saat bertugas sebagai kendaraan pengawal orang nomor satu di Indonesia tersebut, selalu ditumpangi oleh dua anggota Paspampres.

Yamaha FZ1 Fazer hadir dengan mesin empat silinder berkapasitas 998 cc, DOHC dengan dukungan sistem injeksi. Kuda besi berlogo garputala ini mampu menyemburkan tenaga hingga 150 Tk dan torsi maksimal 106 Nm.

Menyoal efisiensi, naked bike yang ditopang dengan mesin besar ini hanya menenggak sekira 6,72 liter untuk menempuh jarak 100 kilometer.

Tak hanya mesin, rangka yang digunakan Yamaha FZ1 merupakan rangka Yamaha YZF-R1 dan pengembangan dari Yamaha M1. Rangka yang dipakai adalah aluminum metallic-mold cast frame dan alumunium die cast pada arm yang ringan namun kuat. Sehingga memberikan kestabilan saat menikung maupun melakukan pengereman. Termasuk perhitungan soal distribusi bobot 50,2 persen di roda depan.

Suspensi depan menggunakan upside down diameter 43 mm dan monoshock yang memberikan jaminan redaman yang baik. Pengereman sudah menggunakan kaliper radial dengan ukuran cakram ganda 32 mm dan cakram tunggal di belakang. Instrumen menggunakan kombinasi analog dan digital. Sedangkan harga untuk versi standar Jepang saat keluar perdana US$ 10.290.

Presiden Jokowi Pakai Helm Modular  saat Menunggang Moge

Untuk melindungi kepala saat mengendarai moge , Jokowi menggunakan helm bermodel modular N104 Classic Flat Black. Helm modular memiliki keunggulan yang ringkas bagian depan bisa dilipat layaknya menggunakan helm half face.

 

Saat mengendarai Mog, Jokowi mengenakan helm helm bermodel modular N104 Classic Flat Black yang dipasarkan dengan harga kisaran Rp 3 juta hingga Rp 4,5 juta.
Saat mengendarai Mog, Jokowi mengenakan helm bermodel modular N104 Classic Flat Black yang dipasarkan dengan harga kisaran Rp 3 juta hingga Rp 4,5 juta.

Pantauan Sabigaju di sejumlah toko online, helm jenis modular ini dipasarkan dengan harga kisaran Rp 3 juta hingga Rp 4,5 juta. Nah, kamu tertarik untuk menunggangi moge presiden Jokowi ataupun sekedar ingin memiliki helmnya? (Sbg/Rig)

Comments