Sunday Night Blues
(Banyak orang yang mengalami sindrom sunday night blues usai bersenang-senang di akhir pekan Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Akhir Pekan tentu momen yang mengasyikan untuk melakukan aktivitas bersama keluarga, namun demikian kamu juga harus mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut datangnya Hari Senin. Hal ini agar kamu tidak terkena Sunday Night Blues alias sindrom panik peralihan menghadapi Senin setelah bersantai di akhir pekan.

Sunday night blues adalah sebuah gejala depresi yang biasanya terjadi pada minggu malam. Gejala yang timbul berbeda-beda, seperti merasakan kekhawatiran, suasana hati yang berubah-ubah, dan depresi yang berlebihan.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasi masalah sunday night blues? Berikut Ulasannya!

BACA JUGA: Manfaat Hebat Olahraga di Malam Hari yang Bikin Cowok Makin Sehat

Berolahraga

Agar pikiranmu segar dan tak dihampiri sunday night blues  maka jangan lewatkan kebiasaan olahraga yang kamu lakukan pada hari Minggu. Berolahraga untuk menghilangkan kecemasan dan meningkatkan endorfin.

Olahraga adalah antidepresan alami dan juga akan mendorong tidur malam yang nyenyak. Bahkan jalan cepat di sekitar blok tempat kamu tinggal dapat menyegarkan pikiran dan badanmu.

BACA JUGA: Gaya Hidup Monoton Bisa Picu Kerusakan Saraf 

Buat To-Do List

Cara lain yang bisa kamu lakukan buat menghadapi sunday night blues adalah dengan menggunakan waktu sedikitnya 15 menit pada Minggu malam untuk membuat rencana untuk hari senin atau seminggu kedepan.

Hal ini dapat  memberikanmu gambaran bagaimana mengelola tugas dan mengurangi risiko stres di kemudian hari.

Misalnya, tugas apa yang perlu diutamakan, apa yang dibutuhkan agar tugas bisa selesai dengan baik, adakah tenggat waktu yang perlu dibuat, dan hal lainnya yang perlu Anda lakukan.

BACA JUGA: Pilihan Outfit di Hari Senin, Formal atau Kasual 

Rencanakan Outfit Terbaik

Untuk mengatasi Sunday night blues kamu bisa melakukannya dengan memilih outfit terbaik untuk kamu kenakan ke kantor. Pilihan pakaian bisa memengaruhi suasana hati dan produktivitas kamu.

Mempersiapkan sejak malam akan membantu Anda tampil lebih optimal dan percaya diri. Juga menambah kesempatan untuk melicinkan pakaian yang kusut, bahkan memadukan ragam pakaian.

BACA JUGA: Buah-buahan ini Paten Banget untuk Menurunkan Berat Badan

Persiapkan Menu Sarapan

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi sunday night blues adalah dengan mempersiapkan dan memasak makanan di rumah berhubungan dengan kebiasaan makan yang lebih baik.

Kamu bisa membuat daftar tujuan mempersiapkan makan. Apakah untuk menurunkan berat badan, sekadar menghemat waktu agar cepat dan mudah, menerapkan makan sehat, atau semuanya.

Kamu juga sayuran dan buah-buahan beku–yang sudah dipotong-potong, bumbu yang sudah diblender, masakan setengah jadi, dan wadah kedap udara di kulkas akan sangat memudahkan untuk kamu bawa saat berangkat ke kantor. (Sbg/Rig)

Comments