Sabigaju.com – Kehadiran Film Mulan yang mendapat sambutan yang begitu luar biasa dari para pecinta Film Internasional.

Selain menmpilkan kisah heroik dan ade laga yang menakjubkan, Film Mulan juga menampilkan sejumlah lokasi dengan panorama pemandangan alam yang begitu indah dan memesona.

Dan berikut beberapa lokasi indah hingga konrtoversial dalam Film Mulan yang tengah ramai dibijarakan orang dari berbagai penjuru dunia:

BACA JUGA: Chuncheon, Kota Kece yang Bikin Kamu Berasa Syuting Drakor 

1. Fujian

Salah satu lokasi yang juga digunakan untuk Film Mulan adalah Fujian, di China. Di lokasi ini  Film Mulan menggunakan lokasi ini dengan mengambil bangunan Tolou sebagai gambaran desa tempat tinggal Mulan dan Keluarganya.

(Foto: Instagram.com/theverymarley)

Tolou adalah bangunan seperti benteng dengan bentuk bulat yang dibangun dari campuran tanah liat dan tanah berpasir.

Bangunan ini punya dua bentuk berbeda. Biasanya dibangun dengan bentuk bulat, tapi ada juga beberapa yang berbentuk kotak. Semuanya memiliki tinggi sekitar 10-20 meter, dengan diameter 30-80 meter.

(Foto: Instagram.com/ikahuang)

Fungsi utama tulou adalah sebagai area tinggal dan pertahanan. Setiap bangunan biasanya bisa menampung satu keluarga besar dari satu klan Hakka.

Struktur-struktur ini mendukung kesetaraan dan persatuan sebagai keluarga. yang tinggal di  di bawah atap yang sama dan berbagi wilayah komunal.

2. Zhangye National Geopark

Kawasan Pegunungan di Zhangye National Geopark, Tiongkok, juga jadi lokasi syuting Mulan. Kamu bakal melihatnya saat adegan Mulan berbicara dengan penyihir suruhan Bori Khan, Xian Lang.

(Foto: Instagram.com/newtriptoday)

Pegunungan yang terlihat berundak ini punya warna yang indah. Bahkan, saat musim semi pegunungan ini punya warna bak pelangi yang memanjakan mata.

Taman nasional ini berada 40 kilometer dari Kota Zhangye di Provinsi Gansu. Kalau ke sini, kamu gak boleh melewatkan pemandangan matahari terbenamnya, dijamin memukau banget!

3. Lembah Ahuriri

Tempat ini dijadikan lokasi pengambilan gaambar untuk film Mulan untuk pangkalan militer tempat Mulan berlatih, juga latar untuk adegan pertarungan

Lokaasi ini merupakan bagian dari Taman Konservasi Ahuriri yang terletak di South Island, Selandia Baru.

(Foto: Instagram.com/jbs.gram)

Lembah ini dikenal memiliki sejumlah lahan basah yang beragam serta berbagai kolam dangkal dan rawa yang terbentuk secara alami.

Di lokasi ini juga ada kolam oxbow yang berbentuk layaknya tapal kuda. Kolam ini terbentuk akibat aliran Sungai Ahuriri yang berubah arah.

Selain punya pemandangan alami, Lembah Ahuriri juga menjadi tempat penting bagi para satwa liar seperti burung dan ikan untuk mencari makan dan berkembang biak.

BACA JUGA: Pesona Sawah Eksotis di Negeri Agraris

4. Omarama Clay Cliffs

Masih di sekitar Ahuriri, film Mulan juga mengambil gambar di Tebing Omarama yang menjulang di pinggir Sungai Ahuriri.

Tebing yang bagian bawahnya tertutup semak belukar ini terbentuk dari lumpur dan kerikil akibat proses endapan sungai selama jutaan tahun.

(Foto: Instagram.com/hannahhughesnz)

Tebing Omarama bisa disebut sebagai primadona para fotografer, terutama ketika cuaca cerah karena mereka bisa memotret melihat pemandangan dan warna pastel dari tebing yang terlihat jelas.

Di sepanjang jalan di sekitar tebing ini pengunjung juga bisa melihat Mackenzie Basin yang kerap menjadi trek pendakian.

5. Poolburn

Poolburn adalah sebuah desa yang terletak di Central Otago, Selandia Baru. Ikon terkenal dari Poolburn adalah Bendungan Poolburn yang dibangun pada 1931.

(Foto: Instagram.com/cfrei44)

Bendungan ini berfungsi sebagai waduk irigasi dan area pemancingan. Pengunjung akan menemukan ikan jenis trout cokelat di sana.

Film Mulan bukanlah film pertama yang shooting di sini. Sebelumnya film trilogi Lord of The Rings juga menjadikan Poolburn sebagai latar tempatnya.

6. Tangcheng Base

Lokasi syuting yaang muncul dalam Film Mulan ini merupakan sebuah komplek istana Dinasti Tang, yakni Tangcheng Base. Lokasinya berada di Wuhan, Tiongkok.

(Foto: Instagram.com/donaldy1987)

Meski begitu, kesan bangunan tradisionalnya masih dirawat dan dilestarikan. Gak heran kalau tempat ini juga dibuka sebagai taman hiburan untuk warga umum.

BACA JUGA: Menyatu dengan Alam, Coba Deh Penginapan Unik ini

7. Kamp Kosentrasi di Provinsi Xinjiang

Film Mulan rupanya juga mengambil sebuah lokasi kontroversial dengan mengambil latar belakaang sebuah lokasi kontroversial yang diduga menjadi menjadi kamp kosentrasi penahanahan etnis Uighur di Provinsi Xinjiang.

Lokasi Syuting Film Mulan
(Sumber: babylonbee.com)

Hal ini terlihat saat adegan di mana Mulan berlari di atas atap, dan penonton dapat dengan jelas melihat kamp konsentrasi tempat tahanan etnis Uighur ditahan. Tampak jelas menara penjaga serta  pagar yang begitu tinggi  di kamp itu.

(Sumber: Twitter.com/@BethanyAllenEbr)

Disney tidak hanya melakukan syuting di kawasan tersebut. Mereka juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada lembaga pemerintahan yang terlibat dalam dugaan pelanggaran HAM, termasuk penahanan lebih dari 1 juta muslim Uighu dalam kredit di akhir film.

Alhasil Disney mendapat kecaman bertubi-tubi karena menampilkan adegan dalam  Film Mulan di beberapa wilayah China yang diduga lokasi kasus pelanggaran hak asasi manusia serius tersebut.

Dan hingga Artikel ini diterbitkan Disney belum mengomentari berbagai kecaman tersebut. (Sbg/Rig)

Comments